Sabtu, 26 Januari 2019

JT 260119 : Eka Tjipta Wijaya Berpulang


Sebuah kabar duka datang dari Sinar Mas Group (SMG). Pendiri Sinar Mas, yang juga pengusaha nasional, Eka Tjipta Widjaja meninggal dunia. Informasi itu disampaikan Managing Director Sinar Mas Group, Gandi Sulistiyanto kepada detikFinance, Sabtu  tgl 26/1/2019.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikFinance, Eka Tjipta wafat pukul 19.43 WIB, pada usia 98 tahun. Jenazah disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Embrio bisnis Sinar Mas berawal ketika Eka Tjipta berusia 15 tahun, ketika itu bernama Oei Ek Tjhong, berwirausaha menjajakan biskuit dan permen dengan mengendarai sepeda ke penjuru kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Eka Tjipta Widjaja menikahi Trinidewi Lasuki, memiliki 8 (delapan) anak dan 26 cucu. Trinidewi Lasuki telah meninggal dunia dalam usia 90 tahun pada Februari 2017.

Eka Tjipta mulai membangun emporium bisnis Sinar Mas sejak 1960 lewat perkebunan kopi dan karet, ketika dibentuk CV Sinar Mas di Surabaya. Sinar Mas Group sendiri memiliki enam lini bisnis utama, sebagian perusahaan tersebut tersebar di luar negeri.

Eka Tjipta disebut-sebut meninggalkan warisan senilai Rp 120 trilyun lewat berbagai aset yang dimiliki, seperti perusahaan, saham dlsb. Terakhir bisnisnya merambah berbagai sektor hingga real estate, perbankan hingga telekomunikasi.

Bagi Pembaca yang pernah merasakan asam garam di industri maritim, pasti nama beliau dikenal sebagai Raja Kertas di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Pernah mendengar PT Indah Kiat Pulp & Paper (IKPP), PT Tjiwi Kimia, Asia Pulp & Paper (APP) dst ? Itu aja.

Rest in Peace Eka Tjipta Wijaya.

Sumber : detkFinance – BeritaSatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar