Kamis, 03 Januari 2019

JT 030119 : Kapal MSC Zoe Dihadang Cuaca Buruk


Awal tahun 2019, ditandai dengan cobaan yang melanda kapal Mediterranean Shipping Co. (MSC) dimana salah satu kabar barunya dan bisa dibilang gede bingitz, dihadang kondisi cuaca buruk sehingga memporakporandakan kontainer diatas kapal, bahkan hingga terjatuh ke laut.

MSC Zoe adalah kapal kontainer generasi terkini, berkapasitas 19.224 TEUs, secara umur kapal tergolong masih kinclong (dibawah 5 tahun) dan secara operasional diyakini semua prosedur sudah ditempuh namun apa daya, sehebat apapun buatan manusia bila sudah berhadapan dengan Sang Pemilik Semesta akhirnya hanya bisa mengantisipasi.

Laporan dari BBC berdasarkan video yang diambil oleh pihak Penjaga Pantai Belanda (Dutch Coast Guard), merilis gak kurang dari 270 kontainer mengalami kerusakan hingga terjatuh serta beberapa diantaranya memuat barang berbahaya (dangerous goods) sehingga menimbulkan kekhawatiran polusi di sepanjang perairan Belanda dan Jerman.

Investigasi tengah berjalan dan pihak MSC langsung berkoordinasi dengan salvage company untuk menindaklanjuti kejadian yang menimpa MSC Zoe. Kapal ini setelah kejadian merapata ke pelabuhan Bremerhaven, Jerman.

Stay tune .... Update menyusul. Foto kapal dalam kondisi normal,


Sumber : BBC / Foto : Dutch Coast Guard + FleetMon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar