Selasa, 01 Januari 2019

JT 010119 : Duo Korea Sepakat Revitalisasi Jalur Rel KA


Reaktivasi jalur rel kereta api (KA) rupanya gak cuma gencar dilakukan di Indonesia, tapi di Negeri Ginseng yang selama ini terpisah karena perbedaan ideologi, mulai menunjukkan tanda2 reunifikasi (penyatuan kembali) antara Korea Utara (Korut) + Korea Selatan (Korsel).

Dibawah persetujuan Dewan Keamanan PBB, program revitalisasi jalur rel KA akan menghubungkan beberapa rute yang berada di ke-2 negara - demikian laporan Bloomberg. Rencana perbaikan jalur rel KA ini disepakati oleh 2 (dua) pimpinan tertinggi Korea yakni Kim Jong Un (Korut) dan Moon Jae (Korsel) selaku presiden.

Pihak DK PBB merestui pekerjaan ini namun dengan sejumlah persyaratan karena hingga saat ini sanksi ekonomi internasional terhadap Korut masih berlaku dan malah mendorong pemerintahan Trump untuk melakukan KTT berikutnya (2nd Summit).

Pihak Amrik masih ngotot bahwa perlucutan senjata nuklir Korut masih menjadi persyaratan utama sebelum sanksi dicabut dan bila mancarli kabarnya, Korsel nantinya akan membantu program modernisasi rel KA di Korut agar jalur perdagangan ke-2 negara bergairah kembali.

Melihat tanda2 positif yang terus dihembuskan ke-2 negara bukan mustahil bahwa Korea bisa bersatu kembali seperti halnya Jerman. Indonesia harus berpikir ulang menghadapi Korea nantinya.

Korea terpecah aja bisa merangsek kekuatan besar di Indonesia dengan serbuan teknologi + budaya. Gimana klo jadi bersatu ya. Ayoooo diantisipasi, jangan terlena dengan Samsung, K-Pop dan Drakor-nya aja ha ha ha.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar