Selasa, 08 Januari 2019

JT 080119 : MSC Bersihkan Laut Utara Dari Kontainer Yang Jatuh


Ini pekerjaan rumah (PR) bagi pelayaran blasteran Italia-Swiss, Mediterranean Shipping Co. (MSC) yang tengah dapat ujian, saat kapal MSC Zoe dihantam cuaca buruk di sekitar Laut Utara (North Sea).

Boleh dibilang MSC Zoe adalah salah satu kapal kontainer terbesar saat ini dan bisa memuat hingga +19.000 TEUs, tapi toh melawan kedahsyatan alam gak berkutik juga. Di istilah pelayaran ada force majeure nih.

Terkait insiden yang terjadi dimana disebutkan ada 270 kontainer yang rusak, termasuk yang jatuh ke laut sehingga keesokan harinya kontainer ditemukan secara acak karena dibawa ombak hingga radiusnya lumayan jauh.

Operasi penanganan ini langsung ditangani oleh kantor pusat MSC dengan menggandeng perusahaan yang ditunjuk (salvage company), termasuk perusahaan asuransi agar bisa langsung memperkirakan jumlah kerugian yang diderita.

Proses pembersihan area yang terkena dampak langsung yakni sekitar lepas pantai Jerman dan Belanda, semisal Vlieland, Terschelling, Ameland dan Schiermonnikoog – demikian pemberitahuan dari pihak MSC.

Semua kapal yang dilengkapi sonar dioperasikan untuk membantu operasi pembersihan serta dilengkapi dengan hidrolik + remote control bila ternyata ditemukan kontainer yang tenggelam dan perlu segera diangkat.

Singkat kata, segala cara ditempuh agar proses penyelamatan berlangsung cepat, gak pake lama. Bahkan kantor berita Associated Press (AP) melaporkan bahwa otoritas terkait di Belanda sudah memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk sementara waktu menjauh dari sekitar pantai yang disebutkan tadi.

Hal ini disampaikan untuk menghindari hal2 yang gak diinginkan. Maklum, karena dari sejumlah temuan ada barang2 berbahaya (DG-classified) yang beracun dan bahan2 kimia yang mudah terbakar.

Menurut sumber2 resmi, setidaknya ada 3 (tiga) unit kontainer berisi bahan2 beracun, salah satu diantaranya memuat peroxide powder dan bahan kimia dengan sistem pengepakan 25 kg/karung, ditemukan di Schiemonnikoog hari Rabu lalu.

Penyebab jatuhnya kontainer ini masih diselidiki secara intensif namun informasi yang beredar, saat badai Zeetje menyerang wilayah utara Jerman pada hari Selasa malam, 270 kontainer diatas kapal MSC Zoe terkena hantaman ombak tinggi 33 feet ato sekitar 10 meter dan membawa serta beberapa diantaranya.

Kapal sedang melintas di Laut Wadden, dari arah pelabuhan Antwerp, Belgia. Namn malag gak bisa ditolak dan akhirnya insiden inipun tak terhindarkan. Tetap monitor untuk perkembangan selanjutnya.

Selain isu MSC Zoe, berita memprihatinkan juga tengah dialami kapal milik Hapag Lloyd (H-L) yakni Yantian Express yang tengah berjuang untuk memadamkan kobaran api yang semula ada di satu kontainer, kabarnya kini telah merembet ke yang lainnya.

Stay tune ... Oh iya, berita terkait, silahkan baca : JT 030119 : Kapal MSC Zoe Dihadang Cuaca Buruk dan JT 060119 : Api Diatas Kapal Yantian Express.


Sumber : BBC / Foto : Dutch Coast Guard, MSN, Life/People, BBC, et cetera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar