Minggu, 03 Februari 2019

JT 030219 : Percikan Api Di APL Vancouver


Satu lagi insiden di perairan laut lepas yang bisa membuat orang bergidik. Pasalnya, saat ini kapal2 yang terkena musibah yakni kapal2 gede dengan kapasitas diatas 5.000 TEUs sehingga butuh penanganan khusus.

Dikabarkan kapal milik perusahaan pelayaran APL (unit dari CMA CGM Group), APL Vancouver yang berkapasitas 9.600 TEUs terdapat percikan api diatas kapal, saat kapal sedang dalam perjalanan dari Shenzhen ke Singapura.

Saat ini kapal tengah memasuki perairan Vietnam dan tim damkar (pemadam kebakaran) setempat sudah beraksi sesuai tupoksi dan kontrak yang didapat. Api ditengarai mulai muncul tgl 31/01 sekitar jam 04.30 pagi disalah satu palka.

Namun penyebab pastinya timbulnya percikan api diatas, masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Hingga saat ini 24 anak buah kapal dalam kondisi selamat serta tidak ada laporan timbulnya polusi disekitar area kejadian.

Menghadapi kasus2 serupa yang belakangan timbul, pihak International Union of Marine Insurance (IUMI) pernah memperingatkan bahwa disain dan SOP damkar di kapal2 kontainer terkini membuat prose penyelamatan semakin sulit diatasi – demikian catatan dari media Maritime Executive.

Lantas, bagaimana seharusnya dan langkah apalagi untuk menyelamatkan kapal dan kargo diatas kapal APL Vancouver, kita tunggu perkembangan lebih lanjutnya. Ikut bersimpati.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Maritime Executive.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar