Rabu, 20 Juli 2016

JT 200716 : Resmi, H-L Merger Dengan UASC



Setelah melewati fase2 penting, perusahaan pelayaran blasteran Jerman-Cile yakni Hapag-Lloyd (H-L) menandatangani perjanjian kerjasama bisnis dengan perusahaan pelyaran asal Timur Tengah, United Arab Shipping Co. (UASC).

Dengan proses merger tsb, H-L akan merangksek kembali menjadi pelayaran terbesar ke-5 di dunia, dengan kombinasi armada kapal sebanyak 237 unit dan total kapasitas angkutan 1,6 juta TEUs dan rata2 per tahun bisa mengangkut 10  juta TEUs.

Prakiraan turnover H-L (hasil merger dengan UASC) nantinya bisa mencapai USD 12 milyar – demikian menurut media The Maritime Executive. Nantinya pusat control akan tetap bermarkas di Hamburg, Jerman.

Komposisi saham H-L saat ini masih didominasi CSAV, HGV (City of Hamburg) dan Kuhne Maritime. Dengan masuknya UASC akan menambah daftar pemegang saham, Qatar Holding LLC (QH, 14 persen) dan Public Investment Fund (PIF Arab Saudi, 10 persen).

Seperti diketahui, mayoritas saham UASC dipegang oleh 2 (dua) besar, yakni Qatar dan Kerajaan Arab Saudi. Bagi H-L masuknya UASC memberikan energi baru yakni berupa kapal baru berkapasitas besar, sedangkan H-L menyediakan lingkup servis yang mendunia.

Kombinasi ini dinilai menarik karena mengawinkan model bisnis modal + networking, selain adanya perbedaan budaya antara barat (Jerman) dan timur (Arab) serta sedikit sentuhan selatan (Cile). Pokoknya jadi kayak Indonesia, walau berbeda tetap satu tujuan he he he.

H-L merupakan salah satu pemain besar dalam struktur aliansi strategis THE, dengan anggota lainnya yaitu Hanjin Shipping (HJS), K-Line, Mitsui O.S.K Lines (MOL), Nippon Yusen Kaisha (NYK) dan Yang Ming (YML).

THE Alliance bakal mulai beroperasi bulan April 2017, dengan lingkup global east-west trade termasuk kawasan Timur Tengah. Selama belum mendapat persetujuan otoritas terkait, baik H-L maupun UASC akan berjalan seperti sekarang (masing2 gitu deh, independent).

Rencananya, proses integrasi akan dijadualkan sekitar Maret 2017 sebelum THE Alliance diluncurkan resmi sebulan kemudian. Proses integrasi H-L dengan CSAV tempo hari pun demikian dan baru tuntas sekitar mid-2015 lalu.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 300616 : H-L Merger Dengan UASC, JT 260516 : H-L Nunggu Hasil Nego Dengan UASC, JT 220516 : UASC Bahas Soal Merger Dengan H-L, JT 200516 : Terbentuknya Aliansi Anyar : THE, JT 190516 : H-L Merger Dengan UASC ? dan JT 150516 : THE Alliance Siap Bersaing.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar