Senin, 18 Juli 2016

JT 180716 : Savannah Kedatangan MOL Benefector

Kadangkala, sebuah pelabuhan memerlukan terobosan, sekaligus sensasi supaya lebih diminati oleh pelayaran lain. Contohnya jelas dan ada di Amrik. Apa yang jadi keunikannya dan siapa pelakunya ?

Di Amrik pantai timur, pelabuhan Savannah blon lama ini menerima kapal kontainer anyar milik MOL, yang juga sukses ngebayar biaya tol Panama termahal hingga saat ini, yakni MOL Benefactor (10.000 TEUs).

Dari sisi kemampuan , kehadiran kapal gede ini memberikan apresiasi yang besar terhadap supremasi Savannah menjadi salah satu pusat distribusi di wilayah timur Amrik. Di Garden City Terminal Savannah kapal ini ngebongkar muat hampir 3.000 TEUs.

Kapal ini bertugas di NYX (New York Express) di salah satu servis milik aliansi strategis G6. Rute persinggahan NYX yang terbaru mencakup New York / New Jersey, Virginia dan Savannah, sedangkan pelabuhan selanjutnya adalah Manzanillo International Terminal (MIT), Panama.

Menurut GPA executive director Griff Lynch, kehadiran MOL Benefactor memberikan peluang dan kesempatan besar bagi Savannah di masa datang, apalagi kapal 10.000 TEUs ini merupakan kapal terbesar yang pernah datang di Savannah.

GPA pun gak berdiam diri doank. Dengan penambahan order 8 (delapan) unit gantry crane neo-panamax nantinya GPA bakal punya 30 ship-to-shore crane di tahun 2018, melengkapi 30 rubber tyre gantry (RTG) sehingga nantinya menjadi 146 unit.

Agar bisa mengakomodir kapal yang lebih besar, Savannah harbor expansion project (SHEP) bakal ngedalemin (deepen the inner harbour) alur menjadi 47 kaki dan outer harbour menjadi 49 kaki. Progressnya sampe saat ini baru 15 persen.

Intinya, Savannah terus berbenah diri agar bisa menjadi opsi pelayaran global dalam memilih pusat distribusi di wilayah Amrik bagian timur. Congrats !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar