Sabtu, 09 Juli 2016

JT 090716 : Kapal Maersk Shams Kandas Di Terusan Suez

Saat ada konvoi di Terusan Suez beberapa hari lalu, kapal Maersk Shams (kapasitas 9.971 TEUs) yang disewa oleh pelayaran Maersk Line sempat kandas sehingga mengganggu iring2an di terusan tersebut – demikian laporan media Shipping Times.

Untungnya, kapal bisa diapungkan kembali sekitar jam 11 malam dan konvoi yang terdiri dari 33 kapal dapat dilanjutkan walau harus mengalami keterlambatan. Kapal Maersk Shams berhasil diapungkan dengan bantuan kapal tunda dan pandu pelabuhan.

Kapal berbobot 111.032 dwt saat kejadian berlangsung sedang dalam pemantauan dan dipersiapkan ditarik ke pelabuhan Port Said, Mesir. Kapal Maersk Shams sebenarnya merupakan kapal anyar dan baru dilepas dari galangan Hyundai Heavy Industries (HHI), Korsel.

Udk, kapal anyar ini dirilis bulan Desember 2015 lalu ke pihak Oceanbulk Containers dan kapal diatas sedang dalam masa sewa jangka panjang ke pihak Maersk Line. Dalam urusan ini, pihak Oceanbulk pasti bertanggung jawab penuh. Jangan kuatir.

Armada Oceanbulk Containers terdiri dari 8 x 10.000 TEUs dan orderan anyarnya ada 5 x 11.000 TEUs yang bakal dikirim mulai tahun 2017. Lantas siapa sih Oceanbulk Containers seperti masih baru gitu deh. Lain waktu kita bahas ya.


Sumber : Dari Sana-sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar