Minggu, 10 Juli 2016

JT 100716 : HMM Join Aliansi 2M

He he he …liburan kelamaan juga bikin kita ku-per. Bisa aja sih nyuri2 waktu ato nyempetin browsing internet tapi yang namanya libur lebaran, suasana hati juga pengen jauh dari urusan gawean. Sejenak menghibur diri dan keluarga.

Yang mungkin terlewat dari pantauan kita selama seminggu berlebaran, yakni masuknya pelayaran yang nyaris kolaps Hyundai Merchant Marine (HMM), malahan kini doí gabung dengan aliansi startegis eksklusif 2M yang beranggotakan Maersk Line dan MSC.

Walau digelayuti utang USD 4,48 milyar namun ambisi pengen tetep eksis gak bisa dibendung walau harus tampil sepenuh hati buat ngebuktiin HMM juga masih sanggup ! Aje gile, gak tanggung2 juga, HMM akhirnya menyewa 6 x 10.000 TEUs untuk memperkuat diri.

HMM dipercaya untuk bisa mengakomodir servis ke Timur Tengah (Middle East) dan juga menjaga gawang rute ke Amrik. Lantas kapan kapal2 anyarnya bakal masuk ? Ehh ternyata udah jalan duluan dan bisa jadi, tadinya diprediksi untuk aliansi lain tapi keburu ditolak.

Tempo hari, HMM memang sedang dihantam isu krisis keuangan dan salah satu penyelamatnya adalah keputusan harga diskon untuk kapal sewa dari sejumlah juragan kapal, sebesar 20 persen. Lumayan bingitz.

Malahan Hanjin Shipping (HJS) yang juga nyoba proposal serupa, lagi di-bully abiiiz karena minta diskon lebih gede (begitu kabarnya) sehingga salah ship-owner yang bernaung dibawah bendera Seaspan Inc., menolak keras usulan harga diskon.

HMM boleh dibilang masuk 2M dengan segala keberuntungannya. Gak sembarang pelayaran berani join, apalagi denger nama besar Maersk Line dan MSC. Mungkin juga rasa malu udah putus dan dibekali modal nekad, semua bisa terjadi.

Kapal sewa pertama dikelas 10.000 TEUs rupanya udah masuk sejak Januari 2016 yaitu ditandai dengan masuknya kapal Hyundai Earth. Kemudian bakal disusul oleh sodara2 lainnya (sisterships) : Hyundai Mars, H. Jupiter, H. Saturn dan H. Neptune.

Menurut HMM, 5 (lima) kapal bakal dialokasikan di rute Amrik (supaya bisa lewat Terusan Panama nih) sedangkan 1 unit lainnya bakal ditempatkan di Amerika Selatan. Dua minggu lalu, HMM mirip pesakitan gitu deh, kini bisa tampil lebih pe-de nih he he he.

Dengan keampuan upgrading diatas, armada HMM di rute Amrik ditingkatkan secara gak langsung, dari kapasitas 4.600 TEUs ke 10.000 TEUs, woooow bingitz nih. 2x lebih kuat – demikian menurut ulasan World Maritime News yang terbit di Rotterdam.

Secara khusus nantinya, HMM bakal memperkuat pasar Arab, termasuk pasca Iran lepas dari embargo sehingga HMM menargetkan pangsa pasar 8 persen menjadi 13 persen. Tentunya dengan penambahan armada kapal di rute sana.

HMM disebut2 bakal ngoperasiin 2 (dua) servis terpisah dengan jumlah total 12 kapal sehingga benar2 akan tampil all-out. HMM dipercaya menjaga gerbang Timur Tengah dan Amrik sebelah utara sedangkan Amrik sebelah selatan akan dikawal Maersk maupun MSC.

Kemajuan significant ini bukannya terjadi dengan sendirinya. Korea Development Bank (KDB) merupakan salah satu tim penyelamat yang masih terus menerus melihat perkembangan di luar sana. Aman gak ya ? Gitu menurut pencermatannya.

Akankah performansi HMM menjadi lebih jozz setelah tampil bareng aliansi 2M ? Nama aliansi sejauh ini disebut 2M+. Entah besok hari klo ada penamaan tersendiri. HMM harus lolos ujian dulu, mampu ngga nih.

Wooooi, baca juga deh rujukan berikut ini : JT 020716 : Zim Jajaki Join 2M, Komposisi Aliansi Berubah, JT 010716 : HMM + Zim Dekati 2M dan JT 290616 : Hanjin Kembalikan 38 Kapal Sewa.

Stay tune … and keep on movin’.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar