Sabtu, 21 Agustus 2010

JT 210810 : Kapal Baru Pengaruhi Harga Akhir Tahun

Hingga pertengahan tahun 2010, boleh dibilang perusahaan pelayaran global berhasil meraih ‘gain’ dan membalik raport dari merah (rugi) menjadi hitam (untung). Namun akankah kondisi ini terus berlangsung di Semester 2 – 2010 ?
Dari pantauan seorang petinggi Wilhelmsen Ship Service, Winston Loo (Managing Director), harga uang tambang kontainer ex Malaysia memang meningkat, mendekati level sebelum krisis global. Hal ini dipacu kombinasi space demand dan kesulitan kontainer.
Dibanding tahun lalu, base ocean freight Asia – Eropa, Middle East dan Trans Pasifik (TP) meningkat antara 50-60 persen. Khusus untuk rute Amerika Selatan, kenaikan tarifnya bisa sampai 3x lipat – demikian papar media Malaysia Star.
Namun memasuki Semester 2 ini, walau sejak sebulan lalu diumumkan bakal ada kenaikan harga seiring traditional peak season surcharge (PSS), nampaknya bakal mengalami ujian berat. Tidak penuh pun (full amount) penerapan PSS sudah beruntung.
Apa pasal yang menyebabkan pesimisme tersebut ? Loo menyebutkan, pengiriman sejumlah kapal baru dengan kapasitas yang juga besar, bisa mempengaruhi komposisi harga menjelang akhir tahun. Bahkan prediksinya, hingga tahun 2011, harga akan benar-benar kritis.
Nah, sudah ada sinyal begini, mari kita simak terus perkembangan info diluar, karena cepat atau lambat, indikasi ini bisa terbukti. Ngga percaya ? Silahkan ikuti terus, stay tune.
Sumber : HKSG.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar