Selasa, 10 Agustus 2010

JT 100810 : MSC Chitra Bertabrakan Di Mumbai

Sebagai dampak dari tabrakan dramatis antara kapal tramper bulker Kuwait, Khalijia 3 (41.829 ton) dengan kapal kontainer MSC Chitra (2.314 TEUs), pemerintah India menutup pelabuhan Mumbai selama 3 (tiga) hari untuk mengangkat kontainer yang tercebur ke laut dari kapal MSC tersebut.

Padahal pelabuhan Mumbai merupakan salah satu gerbang utama barang keluar masuk India dan meng-handle sekitar 40% kargo ekspor - demikian menurut laporan Bloomberg. Sekitar 250 kontainer berserakan di laut sehingga perlu penyelamatan beberapa hari untuk menetralkan situasi.

Jawaharlal Nehru Port dan Mumbai masih menunggu laporan lebih lanjut karena karena kabarnya kapal Khalijia 3 ternyata ngga laik-laut dan penyelidikan kriminal langsung dilaksanakan. Pemilik kapal Khalijia 3 - Gulf Rocks Co. - enggan berkomentar atas kejadian diatas.

Menurut info, pihak Maersk Line untuk sementara waktu tidak menerima muatan ke tujuan Mumbai karena saat ini pun ada kapal yang siap berlayar namun belum diijinkan karena terhalang kontainer yang jatuh dari kapal MSC Chitra. Puluhan kapal mengantri diluar, menunggu giliran sandar.

Agar diperhatikan bagi Anda yang mempunyai prospek kargo India, khususnya Mumbai atau yang dekat ke JNPT juga. Take care.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar