Kamis, 01 Juni 2017

JT 010617 : Selamat Datang ONE !

Isu2 tentang bakal meleburnya 3 (tiga) perusahaan pelayaran besar Jepang sempat menguat beberapa tahun lalu namun setelah hantaman isu konsolidasi gede2an di akhir 2016 ‘lah yang menyebabkan ketiganya sepakat membentuk entitas anyar.

Ocean Network Express ato disingkat ONE, merupakan hasil fusi pelayaran yang bernama Mitsui O.S.K Line (MOL), Nippon Yusen Kaisha (NYK) dan Kawasaki Kisen Kaisha (“K” Line) sehingga kedepannya aka nada nama baru, ONE.

Sebuah kekuatan baru di industri maritim global serta merangkum 1,4 juta TEUs, bukanlah kekuatan kecil apalagi datangnya dari Negara Matahari Terbit. Apakah akan ramalan seperti di Tanah Air … ibarat pepatah, Habis Gelap Terbitlah Terang ?

Selama beberapa tahun ini, industri maritim global mengalami masa2 sulit dan sejumlah konsolidasi dilakukan agar efisiensi dapat dicapai. CMA CGM Group mencaplok APL, Hapag-Lloyd (H-L) merger dengan UASC bahkan COSCO pun harus merger dengan CSCL.

Untungnya, ke-3 pelayaran Jepang diatas kini berada dalam satu bendera aliansi yakni THE Alliance dan konsolidasi ini merupakan cara jitu merumuskan strategi baru dalam menjaga kompetisi 2017 ke depan agar tetap terjaga dengan baik.

Sebelumnya, NYK dan MOL menjadi anggota aliansi G6 (bersama OOCL, APL, HMM, H-L) sedangkan “K” Line merupakan bagian dari CKYHE (bareng COSCO, Yang Ming, Hanjin Shipping – yang kemudian ambruk, dan Evergreen).

Restrukturisasi diatas akan membawa dampak terhadap sektor SDM dan IT, disamping system pemasaran dan operasi yang akan bersatu padu menjadi ONE alias cuma ada SATU nama doank. Bravo ONE and now you are ONE.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar