Rabu, 21 Juni 2017

JT 210617 : OOCL + Cosco Bungkam Soal Akuisisi

Hmm … seru juga mengamati perkembangan industri pelayaran, dari hari ke hari, lebih khusus lagi pelayaran global yang tengah gonjang-ganjing. Jangan dikira setelah terbentuknya 3 (tiga) aliansi besar lantas industri pelayaran adem ayem.

Januari tahun ini, OOCL sempat diberitakan bakal dilepas oleh induknya OOIL Ltd namun dibantah oleh CEO OOCL Andy Tung dan mengirim email kepada setiap staf OOCL bahwa berita tersebut “gak bener” (untrue).

Hari ini, kedua pelayaran, baik Orient Overseas Container Line (OOCL) maupun Cosco Shipping diam 1000 bahasa dan gak bisa dimintai tanggapan seputar gossip Cosco Shipping mo ngebeli OOCL.

Kalo pun iya jadian, untungnya OOCL dan Cosco berada di grup yang sama, yakni Ocean Alliance bersama CMA CGM / APL dan Evergreen. Tadinya malah ada desakan bahwa bila OOCL jadi dijual maka sangat disarankan, yang membeli adalah salah satu anggota Ocean Alliance.

Bukan tanpa dasar. Ocean Alliance terbentuk dan baru beroperasi secara penuh awal April 2017 lalu dan otomatis bila OOCL diakuisisi oleh pelayaran lain, akan mengganggu stabilitas aliansi Ocean Alliance.

Drewry Financial Research Services (DFRS) menyimpulkan isu terkini, seandainya Cosco jadi mengakuisisi OOCL maka hal ini merupakan kemenangan besar (Big Win) bagi Cosco. Pelayaran Tiongkok ini akan mendapat banyak keuntungan dengan reputasi dan harga yang memadai.

Sementara itu analis lain yang gak mo disebutin namanya, justru kondisi saat ini bagi OOCL tetap bertahan sebagai entitas independen karena Ocean Alliance dinilai mulai membuktikan diri sebagai salah satu aliansi yang efisien dan mendatangkan keuntungan.

Blon lagi – menurut analis yang misterius ini – Cosco merupakan perusahaan pemerintah yang nota bene akan melebur budaya swasta professional yang sudah membudaya di OOCL. Apakah bisa pemimpin baru di entitas baru lebih independen dan professional ?

Itu garis besarnya. Pro dan kontra selalu ada koq. Apalagi isu sensitive seperti merger dan akuisisi. Kita tunggu saja kelanjutannya ya.

Sumber : Splash 24/7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar