Rabu, 31 Mei 2017

JT 310517 : Busan Terdampak Ambruknya Hanjin Shipping

Salah satu pelabuhan besar di Korea Selatan, Busan, dikabarkan rankingnya terus melorot, terlebih lagi sejak ambruknya Hanjin Shipping (HJS) salah satu pemain global asal negeri Ginseng.

Selama ini, volume HJS disebut2 memberikan kontribusi besar sehingga Busan dikenal sebagai salah satu pelabuhan tersibuk didunia. Sebelum ambruknya HJS, Busan merangsek ke posisi ke-5 pelabuhan tersibuk di dunia, bahkan menjadi transshipment port ke-2 setelah Singapura.

Busan menangani 19,43 juta TEUs di tahun 2016, sedikit dibawah pencapaian Hong Kong. Pencapaian 2017 diharapkan bisa menembus ato mendekati angka 20 juta TEUs, tentunya dengan harapan SM Line segera beroperasi sehingga mampu menggantikan kedudukan HJS.

SM Line yang bermarkas di Busan, sejak awal 2017 langsung meneken memorandum of understanding (MoU) dengan pihak Busan Port Authority (BPA) dan secara gak langsung mendukung langkah2 yang akan dijalankan SM Line.

\kedepannya, BPA tengah berencana membangun gedung pusat data yang akan mengumpulkan, menyimpan dan mengevaluasi data, serta bangunan dimaksud diperkirakan akan beroperasi sekitar tahun 2019.

Mantap Busan dan terus berbenah. Sepertinya bangkrutnya HJS gak pengaruh banyak ke performansi Busan ya .... Toooop.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar