Rabu, 07 Juni 2017

JT 070617 : Clarksons - Kapal 15.000+ TEUs Meningkat Di Mei 2017

Paling ngga nih, sekarang ini ada 76 kapal kontainer ukuran 15.000+ TEUs di seluruh dunia, dengan agregat ato total kapasitas 1,4 juta TEUs alias mewakili pertumbuhan sekitar 29 persen (berdasarkan hitiungan satuan TEU).

Kapal2 gede biasanya bakal dioperasikan di rute Asia – Eropa (AE) dan ini mewakili 36 persen kapasitas dirute  AE ato meningkat 27 persen dibanding posisi tahun 2016. Dampak dari masuknya kapal diatas 15.000+ TEUs ini otomatis menggeser posisi kapal dibawahnya.

Kapal2 dengan kapasitas 8.000 – 12.000 TEUs yang selama berdinas di AE, akhirnya harus rela digeser ke rute lain, semisal Amrik alias Trans Pasifik (TP) ato Trans Atlantik (TA). Ini hukum alam dan mau gak mau, pasti terjadi.

Menurut Clarksons, selama bulan Mei 2017, jumlah kapal antara 8.000 – 12.000 TEUs mendominasi 54 persen total kapal yang dioperasikan di TP sedangkan kapal dengan kapasitas antara 3.000 – 8.000 TEUs berkontribusi dengan 32 persen.

Perubahan yang terjadi di Amrik (baca : ekonomi membaik), serta meningkatnya kemampuan Terusan Panama yang kini bisa mengakomodir kapal berkemampuan 12.000+ TEUs, menambah kompetisi ke negeri Paman Sam bertambah seru.

Membaiknya kondisi perekonomian Amrik, dibarengi dengan masuknya sejumlah kapal anyar dengan kapasitas gede. Di rute utara-selatan saja, perubahan kapasitas kapal brasa bingitz. Terbukti di bulan Mei aja, kapal berukuran 8.000 – 12.000 TEUs menguasai 32 persen kapasitas terpasang ato meningkat lumayan, dari sebelumnya 29 persen.

Sementara itu, untuk rute2 pendek intra-regional services kapal berkapasitas 3.000+ TEUs masih menguasai pangsa 30 persen dan diprediksi bakal stabil. Yang paling riskan saat ini adalah operasional kapal2 gede di rute favorit pula.

Waspada dan tetap waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar