Minggu, 18 Juni 2017

JT 180617 : ACX Crystal vs USS Fitzgerald

Ini kecelakaan tergolong langka namun kategori kerusakannya cukup parah. Sebuah kapal perang milik Amrik, USS Fitzgerald ditabrak oleh kapal kontainer ACX  Crystal  (kapasitas 2.858 TEUs) yang dioperasikan oleh pelayaran Jepang, NYK Line.

Kabar sementara, 7 (tujuh) orang pelaut dilaporkan hilang, dan salah satu perwira kapal perusak tersebut dikabarkan mengalami luka2, setelah USS Fitzgerald bertabrakan dengan ACX Crystal – demikian bunyi rilis pernyataan dari US Navy alias Angkatan Laut Amrik.

Kapal perang Fitzgerald dikabarkan mengalami kerusakan cukup parah sementara Komodor Bryce Benson salah satu perwira yang bertugas, harus diterbangkan ke rumah sakit angkatan laut terdekat di Yokosuka, Jepang.

Kedua kapal bertabrakan sekitar pukul 02.30 pagi waktu setempat, sekitar 56 mil laut dari pelabuhan Yokosuka dan 12 mil dari Izu Peninsula – demikian informasi yang didapat dari Petugas Pantai Jepang (Japan Coast Guard).

Menurut pihak AL AS, kapal USS Fitzgerald pada hari Jumat tgl 16/06 seperti biasa melakukan patroli sebagai tugas rutin, setelah meninggalkan pangkalan yang berbasis di Yokosuka tsb. Kerusakan yang diderita kapal perang Amrik, kabarnya menyebabkan air masuk dan banjir.

Investigasi lebih lanjut masih dilakukan. Menyusul dan ikut bersimpati.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar