Kamis, 30 Maret 2017

JT 300317 : MOL Miliki Kapal Kontainer Tergede

Perlombaan kepemilikan kapal kontainer terbesar, tetep aja jadi prestise tersendiri. Langganan ini biasanya 3 Besar (Maersk, MSC, CMA CGM), sementara diluar itu ada Hapag-Lloyd (H-L) dan sesekali UASC. Belakangan yang melejit malah MOL.

Apa pasal ? Rupanya blon lama ini, pelayaran asal Jepang, Mitsui O.S.K Lines (MOL) dapet kapal tergede dan para pengamat sih bilangnya, inilah kapal kontainer terbesar saat ini, MOL Triumph (kapasitas 20.170 TEUs).

Presiden MOL, Junichiro Ikeda pantas bangga dan MOL menjadi ikon dunia maritim, hingga ada nantinya yang melebihi kapasitas MOL Triumph. Di bulan Mei, MOL bakal nambah koleksi kapal sekelas tetapi blon diinfo tanggal pastinya dan apa nama kapalnya.

MOL Triumph dibuat di galangan kapal Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI) serta dilengkap dengan peralatan canggih, termasuk kabarnya kapal ini hemat bahan bakar. Kabarnya, MOL memesan 6 (enam) unit kapal 20.170 TEUs ini.

MOL Triumph memiliki spesifikasi, panjang total 400 meter, lebar 58,8 meter dan dikelompok aliansi strategis THE Alliance, kapal ini merupakan yang terbesar dan bakal dipasang di servis Asia – Eropa (AE) loop FE2.

Rencananya, di bulan April 2017 bakal ngadain pelayaran perdana (maiden voyage), dari Xingang lanjut ke Dalian – Qingdao – Shanghai – Ningbo - Hong Kong – Shenzhen/Yantian dan Singapura.

Selanjutnya kapal akan melaju ke Eropa dengan melintasi : Terusan Suez Canal – Tangier – Southampton – Hamburg - Rotterdam - Le Havre - Tangier - Jebel Ali, demikian pernyataan MOL.

Info terkait, silahkan baca JT 220317 : SHI Buktikan Sebagai Galangan Handal.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar