Jumat, 24 Maret 2017

JT 240317 : FBI Cari Data Di Maersk, OOCL, MSC, Evergreen

Ini buntut kelanjutan penggerebegan tempo hari kayaknya. Kabarnya, pihak Departemen Kehakiman (Department of Justice) memerintahkan eksekutif dari sejumlah pelayaran global untuk bersaksi di pengadilan – demikian Reuters melaporkan.

Hmm … seru aja nih. Sampe2 Ketua Hong Kong Shippers Council (HKSC) Willy Lin sumringah mendengarnya dan kepengen banget mendengar hasilnya. Sejauh ini blon ada yang tahu detil penyelidikan tsb.

Dari pihak OOCL hanya menyebutkan, pihak penyelidik meminta sejumlah dokumen, demikian pelayaran lain dimintai dokumen serupa. OOCL trades director Stephen Ng menyampaian bahwa pihak siap bekerjasama dengan otoritas terkait.

Juru bicara Evergreen pun menyatakan bahwa pihaknya siap berkoordinasi dengan otoritas terkait, untuk menyelesaikan isu yang tengah menghangat di Amrik. Juru bicara FBI justru menghindar untuk memberi tanggapan namun akan tetap mencari info sebanyak mungkin.

Beberapa pelayaran yang mendapat panggilan dari pengadilan, yakni mereka yang ikut menghadiri rapat International Council of Containership Operators (lebih dikenal dengan nama Box Club), seperti Maersk Line, MSC, Evergreen, Hapag-Lloyd dan OOCL.

Seperti diketahui juga, komposisi perusahaan pelayaran global mengalami perubahan drastic, mulai dari kepemilikannya hingga aliansi strategis yang diikutinya. Penyebab utamanya, selain kondisi ekonomi global, juga ambruknya pelayaran Hanjin Shipping di bulan Agustus 2016 lalu.

Komposisi aliansi strategis terbaru, diantaranya Ocean Alliance (CMA CGM/APL, China Cosco Shipping, Evergreen, OOCL) sementara THE Alliance beranggotakan Hapag Lloyd-UASC, Yang Ming Marine, Mitsui OSK Lines (MOL), Kawasaki Kisen Kaisha, NYK Lines.

Bagaimana akhir dari hasil investigasi yang masih berlangsung, yuuuuk kita tunggu aja hasilnya ya. Kabar2nya sih, gak akan terlepas juga dari adanya gesekan antara VSA dan U.S Shipping Act. Hmm … mending nyimak dulu aja ahh.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 230317 : Investigator Selidiki Box Club
Ciao.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar