Rabu, 29 Maret 2017

JT 290317 : OOCL Taruh Harapan Di Ocean Alliance

Bisa bukan hanya OOCL yang menaruh harapan besar sekarang ini, pastinya semua pelayaran ingin tetap bertahan hidup dan bisa terus mengibarkan menderanya selama mungkin di samudera luas.

Hal ini terkait dengan konsolidasi bersar-besaran yang tengah dihadapi oleh pelayaran global dimana per awal April 2017 nanti, bakal ada perubahan besar struktur maupun lingkup servis dari masing2 didalam keanggotaan sebuah aliansi strategis.

Pelayaran yang bermarkas di Hong Kong, OOCL kini tergabung dalam aliansi baru : Ocean Alliance, sebelumnya sempat bergabung cukup lama di G6 (bersama Hapag-Lloyd, MOL, NYK, APL dan HMM).

Kini di Ocean Alliance, OOCL bergandengan tangan dengan CMA CGM / APL, Evergreen dan China Cosco. Gak salah bingitz sih karena ibarat seorang duda yang kawin lagi, bisa jadi harus ada pola adaptasi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Hmm …

Ocean Alliance akan mengoperasikan sekitar 350 kapal kontainer berbagai ukuran dibarengi dengan 40 loops, diharapkan mampu memberikan nilai tambah, efisiensi dan skala ekonomi yang besar bagi anggotanya.

OOCL mengharapkan bahwa Ocean Alliance dapat menawarkan waktu tempuh yang cepat, frekuensi pelayaran yang kompetitif, cakupan yang lebih lengkap, dapat diandalkan serta memiliki kapal2 yang relative lebih baru / modern.

Dari sisi frekuensi, Ocean Alliance nyaris menyamai 2M (Maersk Line + MSC) sedangkan di rute Amrik, Ocean Alliance mengungguli aliansi lainnya. Menurut pengamat, Ocean Alliance memiliki port coverage yang paling lengkap dibanding aliansi lainnya.

Yuuuk, mari kita lihat, apakah semua harapan OOCL (dan anggota lainnya) bisa terpenuhi ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar