Kamis, 13 Oktober 2016

JT 131016 : Pelayaran Global Incar Rute Hanjin Shipping

Dampak dari kebangkrutan pelayaran Korea Selatan, dirasa berbeda dari yang sesi sebelumnya dimana pernah keles dengar nama2 seperti Cho Yang Line, Dongnama Shipping dan lain-lain. Intinya kini yang disebutkan tadi udah almarhum.

Hanjin Shipping (HJS) sih sebenarnya masih masuk program rehabilitasi sampai bulan November mendatang namun isu negatif udah menghantam HJS sehingga untuk bangkit lagi, berat bingitz.

Kenapa isu kebangkrutan HJS begitu dahsyat ? Itu karena kapasitas terpasang yang dimiliki dan juga posisi no.7 selaku operator kapal kontainer terbesar di dunia. Jadi, wajar bila pelayaran global mengincar asset yang ditinggalkan HJS.

Isu ini bukannya gak dapat perhatian di dalam negeri. Di domestik negeri Ginseng, isu ini cukup menyita perhatian masyarakat dan para petinggi yang berkepentingan dengan nama besar hanjin selain membawa serta nama negara.

Di majelis nasional, anggota parlemen dari Partai Minjoo, Eui Sung-gon, mengatakan bahwa data dari Busan Port Authority (BPA) menunjukkan bahwa dari 97 kapal kontainer yang dioperasikan oleh Hanjin Shipping, 59 kapal melayani rute 6 (enam) trans-Pasifik (TP) dan Asia-Eropa (AE), HIS Media melaporkan.

Hyundai Merchant Marine (HMM) dan sejumlah pelayaran besar lainnya siap memasang kapasitas yang ditinggalkan HJS. Rebutan Pelanggan yang pernah begitu setia dengan HJS, kini jadi incaran pemain global lainnya, khususnya Global Accounts.

Untuk diketahui, dari pelabuhan Busan aja HMM memasang 5 x  5.000 TEUs di TP dan 1 x 4.600 TEUs di AE. Aliansi 2M (Maersk Line & MSC) mengoperasikan 6 x 5.000 TEUs di rute yang sama. Yang Ming dan “K” Line masing2 membawa 4 x 4.000 TEU dan 2 x 4.000 TEUs.

Entah ini bisa disebut sebagai sengsara membawa nikmat karena disinyalir tariff Busan ke Amrik naik ke level USD 2.000/40’ ato setara dengan kenaikan 67 persen. Sampai kapan, nah ini pertanyaan menarik.

Apakah seasonal aja seperti halnya yang terjadi di Indonesia ato sementara doank ? Saat ini masing2 pelayaran berlomba2 mengirim container ke area yang menurut kita, koq ya biasa2 aja tetapi perputaran kontainer REPO MTY rame bener. Kesana-kemari pula.

Simak juga terkait isu kebangkrutan Hanjin Shipping di JT 121016 : Kontainer Hanjin Lumpuhkan SC Ports, JT 111016 : Kontainer Hanjin Shipping (HJS) Sumbat LA-LB Port, JT 041016 : HMM Kurangi Kapasitas, Maersk Jaga Kapasitas, JT 230916 : 2M Tambah Kapasitas, Dampak Hanjin Ambruk dan JT 160916 : Dampak Kasus Hanjin Bisa Luas.

Kita seneng2 aja dikasih order namun disatu sisi sering merenung, industry maritime memang penuh dengan misteri. Banyak gak bisa dijelasin secara kasat mata ha ha ha.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar