Senin, 24 Oktober 2016

JT 241016 : HJS Niat Jual Saham Terminal Ke MSC

Diam2, pelayaran Korea Selatan yang tengah mendekati akhir masa kejayaannya, mulai menawarkan asset yang dimiliknya kepada pihak lain. Setidaknya, itulah yang dilakukan pihak Hanjin Shipping (HJS) untuk bisa meminimalisir kerugian yang diperkirakan sangat besar.

Kabar terkini, HJS tengah menawarkan salah satu terminal kontainer miliknya kepada pelayaran blasteran Italia-Swiss yakni Mediterranean Shipping Co. (MSC) – demikian sebuah sumber yang gak mo disebutin namanya.

Total Terminal International (TTI) yang beroperasi di Long Beach Terminal, Amrik sahamnya dimiliki oleh MSC 46 % dan Hanjin Shipping 54 %. Hanjin kabarnya udah menunjuk salah satu konsultan pelayaran ternama, jangan keppo ya.

Awal bulan Oktober 2016, pihak HJS mengumumkan penjualan sejumlah asetnya setelah prahara menghantam pelayaran terbesar ke-7 di dunia ini. Tercatat 5 kapal gede dan 10 unit biz lainnya udah ditawar2kan tetapi blon ada kabar lebih lanjut.

Bahkan rute Asia – Amrik kabarnya udah ditawar pelayaran setanah airnya, Hyundai Merchant Marine (HMM) namun kelanjutannya pun gak jelas. Kapal2 gedenya pun dijual obral tetapi blon ada yang berminal ngebeli. Hmm repot juga ya.

Kabar2 yang beredar, saat ini kapal HJS baik milik maupun sewa, merupakan yang terbesar yang sempat nganggur di seantero pelabuhan dunia manapun. Ibaratnya tercecer dimana-mana. So what ? Gak ada yang bisa jawab juga tuh.

Saat Maersk Line ditanya balim tentang peluang membeli hanjin maupun HMM, gak ada pernyataan resmi. Harap dimengerti, air beriak tanda tak dalam. Yang begini nih yang biasa menghanyutkan public he he he. Diam2 tahu2 akuisisi !

Kita tunggu yuuuk perkembangan lebih lanjutnya. MSC niat beli saham HJS di TTI ngga ? Kalo laku, kabarnya HJS mo berkarir di regional carrier dan sepertinya masih memiliki mimpi menjadi pemain global di masa mendatang.

Bagus.dan harus optimis.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar