Rabu, 26 Oktober 2016

JT 261016 : Terdampak Hanjin, Volume RTM Drop 1,9 Persen

Akibat ambruknya pelayaran Korea, Hanjin Shipping (HJS), thruput pelabuhan Rotterdam (RTM) di Belanda sempat turun 0,4 persen selama periode 9 (sembilan) bulan pertama tahun 2016, menjadi 9,3 juta TEUs.

Di sisi lain, pelabuhan tetangganya di Antwerp, Belgia malah ada kenaikan 4 persen di periode yang sama, menjadi 7.556.386 TEUs dan menjadi pesaing tangguh melawan pelabuhan Hamburg, Jerman maupun Le Havre, Perancis.

Pihak Rotterdam Port Authority berharap di kuartal terakhir tahun ini bakal ada peningkatan significant supaya bisa mendongkrak performance di tahun 2016 secara total. Apalagi Maasvlake 2 sudah mulai beroperasi, harusnya tambah jozz.

Kebangkrutan HJS berkontribusi sekitar 30.000 TEUs bagi RTM namun dalam waktu singkat posisi tersebut akan tergantikan oleh rivalnya yang dengan senang hati siap mengisi kekosongan servis HJS yang ditinggalkan.

Pelabuhan lain pastinya akan merasakan dampak serupa. Besar ato kecilnya volume sangatlah relatif tetapi reputasi yang dipertaruhkan HJS memang gak main2. Dampaknya besar luar biasa.

Yuuuk kita simak terus perkembangannya seperti apa.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar