Sabtu, 19 Juli 2014

JT 190714 : KALOG Garap Angkutan Mobil


Setelah bernegosiasi selama hampir setahun, akhirnya uji-coba angkutan kendaraan menggunakan moda kereta api (KA) bisa maujud juga. Proses muat uji-coba angkutan mobil dari Auto2000 berjalan lancar.

KA yang membawa 6 (enam) unit mobil berbagai merek milik Toyota (Yaris, Agya dan Etios) berangkat dari Stasiun Tanjung Priok (TPK), Jakarta Jumát jam 17.12 dan tiba di Stasiun Waru, Surabaya hari Sabtu jam 13.45.

Ada keterlambatan namun catatan tersebut akan menjadi bahan evaluasi saat pihak Auto2000 mengadakan rapat dengan PT Kereta Api Logistik (KALOG) minggu depan ato bahkan di awal Agustus 2014 karena dalam waktu pendek, KALOG dan anak perusahaan lainnya diminta untuk membantu kegiatan Posko Angkutan Lebaran 2014.

Berhubung proses uji-coba hanya menggunakan 2 x 40’, tidak banyak kendala yang dihadapi namun pada saat KA reguler angkutan mobil ini dijalankan, akan ada 60 unit mobil masuk dalam kontainer ato setara dengan penghematan 10 unit single car-carrier tidak beredar di jalanan.

Kalaupun single car-carrier akan difungsikan maka sebaiknya di jarak dekat saja, untuk menghindari kemacetan dan kepadatan jalan raya. Begitu juga truk trailer yang mengangkut peti kemas, sejatinya bisa diminimalisir ke angkutan KA.

Mustahil rasanya berpindah semua ke angkutan KA karena masing-masing moda memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal pintar-pintar Customer memilih moda transportasi, disesuaikan dengan kebutuhan dasar : memasok barang tepat waktu dan dengan harga yang kompetitif.

Mungkinkah mengawinkan moda-moda yang ada ? Sangat mungkin. Truk ato trailer di lintas jarak pendek – katakanlah hingga 200km max – sedangkan untuk jarak menengah hingga jarak jauh menggunakan moda KA. Kompromi saja.

Semoga Pelanggan lebih peduli dengan konsep transportasi berwawasan lingkungan alias Go Green dan juga efektif dari sisi waktu. Pilihan ditangan Anda.

PT Kereta Api Logistik (KALOG) adalah anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengelola layanan jasa logistik dan kurir di Tanah Air. Lingkupnya mencakup bisnis ritel, angkutan kereta api kontainer, manajemen area stockpile, terminal barang dan bisnis kepelabuhanan.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar