Kamis, 10 Juli 2014

JT 100714 : Tongkang Tabrak Jembatan MLK

Dimana tuh jembatan MLK ? Yang pasti bukan di Indonesia. Letak Jembatan Martin Luther King (MLK) ada di Amrik. Membentang diatas Sungai Missisippi dekat St. Louis, negara bagian Missouri. Ada kejadian cukup serius mirip di Sungai Mahakam tempo hari namun tidak fatal.

Sebuah insiden terjadi, saat tongkang kosong menuju hulu dan menabrak Jembatan MLK. Yang ditabrak yang tiang penyangganya sih tapi tetap aja bikin khawatir. Menurut saksi yang ada, suaranya cukup keras koq.

Jembatan Eads yang terdekat pun ditutup untuk lalu lintas. Tak lama kemudian arus lalu dialihkan demi keselamatan pengguna dan otoritas terkait melksakana pengecekan. Akhirnya disimpulkan tidak ada kerusakan parah kecuali goresan-goresan ringan.

Sebab-sebab tabrakan masih diselidiki namun laporan tersebut menyebutkan bahwa posisi tongkang saat melintas dibawah jembatan MLK diluar kebiasaan (unusual angle). Laporan USCG lebih spesifik menyebutkan, kerusakan di kapal pendorong tongkang yang jadi pemicu tabrakan tersebut.

Beberapa jam kemudian, setelah otoritas mengecek keseluruhan aspek keamanan, akhirnya kedua jembatan tersebut dapat dilalui kendaraan seperti sebelumnya. Sayang gak disebutkan waktu tepat dan nama tongkang yang menabraknya.

Syukur deh ngga terjadi sesuatu diluar perkiraan kita semua. Semisal jembatan roboh seperti jembatan Kukar di Samarinda tempo hari.

Sumber : SWL. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar