Selasa, 15 Juli 2014

JT 150714 : “MOL”, “CSCL” Bangun Kapal LNG Tipe Ice-Class

Ada yang nanya gak ya, buat apa bangun kapal tipe ice-class ? Moga-moga aja gak ada he he he.

Sekitar setahun lalu, sejumlah ilmuwan dan pengusaha mulai melirik kemungkinan memanfaatkan lintas Laut Arktik sebagai opsi jalur perdagangan. Gak cuma mengandalkan rute tradisional via Terusan Suez ato Terusan Panama, ato bahkan memutar mengitari benua Afrika.

Butuh perjuangan untuk menciptakan terobosan baru. Sebelumnya, pelayaran seperti Samskip, Eimskip ato Fesco sudah pernah membangun kapal jenis ini namun bagi pelayaran lain, pastinya asing dan aneh.

Adalah “Mitsui O.S.K Lines” (MOL) dan “China Shipping Container Lines” (CSCL) yang bakal berkolaborasi membangun 3 (tiga) buah kapal yang peruntukannya bisa menembus bekunya es di Laut Arktik, makanya disebut “ice-class”.

MOL dan CSCL memesan 3 unit kapal LNG ice-class di galangan Korea Selatan, “Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering” (DSME), diperkirakan siap kirim tahun 2017 mendatang. Tiga unit kapal LNG ini merupaka bagian dari Yamal LNG Project yang membutuhkan 16 unit tetapi disebar ke berbagai pihak.

Yamal LNG merupakan proyek besar Rusia yang menghasilkan energi di Siberia dan hasilnya dijual ke negara-negara Asia dan Eropa. Adapun tipe kapal ice-class ini didisain mampu memecahkan lapisan es setelah 2,1 meter. Lebih dari itu, gak maksa lah yaw.

Nah, industri pelayaran lambat laun mulai memikirkan Laut Artktik. Akankah berpotensi menjadi jalur perdagangan internasional di tahun-tahun mendatang ? Hanya waktu yang bisa menjawab. Tooop deh.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar