Kamis, 28 Maret 2013

JT 280313 : KRL Ekonomi Diperpanjang Hingga Juni 2013

Buntut dari demo pengguna KRL ekonomi beberapa waktu lalu namun rupanya direspon positif oleh pemerintah maupun PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan rencana memperpanjang jadual operasinya hingga akhir Juni 2013 mendatang.

Penarikan gerbong KRL ekonomi ini tertunda, lantaran menunggu sistem elektronik tiket (e-Ticketing) berfungsi pada akhir April 2013. Adapun tujuan penggantian KRL Non-AC menjadi AC untuk keselamatan dan peningkatan keselamatan.

“Tentunya akan diberikan subsidi kepada yang berhak. Nah metodenya, akan diatur dan diberlakukan saat e-Ticketing sudah siap. Itu sekitar Juni 2013," ujar Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tundjung Inderawan.
Menurut Dirut PT KCJ Ignatius Tri Handoyo mengatakan yang akan ditarik pada bulan Juni 2013 adalah KRL Ekonomi jurusan Serpong dan Bekasi, yang masing-masing memiliki 1 rangkaian. Untuk Depok dan Bogor akan menyusul setelah keretanya tiba di Indonesia.
Hal itu disampaikan Tundjung saat jumpa pers usai melakukan rapat dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Kementerian BUMN serta LSM seperti Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2013).
Tri memaparkan data per 2012, jumlah penumpang KRL Ekonomi rata-rata ada 46 juta per tahun atau 120 ribu per hari. Sedangkan untuk KRL Ekonomi dan Commuter Line seluruhnya ada 134 juta penumpang per tahun.
Nah, semoga kedepannya bisa dipahami oleh pengguna KRL Ekonomi bahwa penggantian ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan. Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 250313 : Protes Penghapusan KRL Ekonomi.
Sumber : Bisnis Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar