Senin, 11 Maret 2013

JT 110313 : Suez Jadi Target Demonstran Mesir


Ngga cuma di republik ini, bila ada tawuran supporter sepakbola berujung pada kerusuhan cukup gede dan heboh. Kebetulan di Mesir pas lagi ada ketidakstabilan politik dan ekonomi sehingga menjadi pemantik kerusuhan.

Hari Sabtu 09/03 pihak pengadilan di Kairo (ibukota Mesir) menghadiahkan hukuman mati bagi 21 supporter yang jadi perusuh saat berlangsung laga sepakbola lokal, sementara 7 (tujuh) orang polisi yang terlibat, dibebaskan.

Alasan itulah yang membuat marah para penggemar sepak bola negeri Piramida tersebut. Ribuan pendukung klub sepak bola Al-Ahly mendatangi kantor konfederasi sepak bola dan klub kantor polisi setempat serta melakukan perusakan.

Kerusuhan sepakbola terbesar, terjadi di tahun 2012 lalu, saat itu 74 orang tewas mengenaskan dan sebagian besar warga Port Said. Kini yang jadi incaran, bukan hanya instansi pemerintah dan fasilitas umum tetapi peabuhan Suez juga diincar abiiiz.

Eskalasi kerusuhan bernuansa politik dan ekonomi terus bergulir hingga sekarang ini. Presiden Mohammed Morsi menerapkan aturan Islam dalam memerintah negerinya namun mendapat tentangan dari pihak oposisi.

Bagaimana kelanjutan Mesir meredakan ketegangan politik dan berupaya merangkul pihak-pihak yang tersulut emosi saat ini ? Kita ikuti secara seksama. Just stay tune ...

Berita terkait dengan si-kon Mesir, silahkan baca JT 300113 : Terusan Suez Terancam Akibat Kerusuhan Mesir.

Sumber : SN-TR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar