Senin, 04 Maret 2013

JT 040313 : Hak Istimewa Mitsui & Co. Ltd Di Pelabuhan Kalibaru Dipertanyakan


Akhirnya, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menetapkan Mitsui & Co. Ltd (Jepang) menjadi pemenang tender terbatas (preferred bidder) untuk mengoperasikan terminal kontainer 1 (satu) di Pelabuhan New Priok Kalibaru, kawasan tanjung Priok, Jakarta.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo II Yan Budi Santoso mengatakan penetapan pemenang preferred bidder ini melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pihak Mitsui & Co. Ltd (Mitsui) di New York, Amrik.

Untuk diketahui, dalam waktu 9 bulan kedepan, PT Pelindo II masih akan memilih mitra lain untuk 2 (dua) terminal kontainer dan 2 (dua) terminal bahan bakar. Jadi masaih ada kesempatan tuh he he he. Berminat ?

Adapun total alokasi untuk pembangunan New Priok Kalibaru, Jakarta USD 2,5 milyar ato sekitar IDR 24 trilyun. Pihak Mitsui menjanjikan, kapal pertama bisa sandar diterminal satu bulan September 2014.

Penunjukan ini serta merta menimbulkan rekaan lain lagi. Direktur National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi mengatakan apa dasar PT Pelindo II memberikan hak istimewa kepada pihak Mitsui & Co. Ltd ?

Bila nilai investasinya dibuka, bisa jadi perusahaan nasional ikut berperan serta . Setidaknya ada patokan dan argumentasi yang bisa dijadikan ukuran. Bukankah konsorsium lokal bisa lebih kuat bila diberi kesempatan ?

Kita tunggu perdebatan selanjutnya.

Sumber : Bisnis Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar