Selasa, 26 Maret 2013

JT 260313 : “CMA CGM Florida” + “OOCL Belgium” Bermasalah


Dua kejadian menimpa kapal kontainer gede di samudera luas, namun sayang kitaorang ngga mendapatkan waktu pastinya. Tapi dijamin gak basi alias masih mundur dalam hitungan hari he he he ... Oh nya, lokasi kejadian berbeda satu sama lain.

Kabarnya, kapal “CMA CGM Florida” (milik CMA CGM, kapasitas 5.095 TEUs) sempat bertabrakan dengan kapal bulker “Chou San” (bobot 175.569 dwt) sehingga menimbulkan tumpahan minyak sepanjang 2 mil dengan lebar 200 mil.

Tangki bahan bakar CMA CGM Florida yang berisi 645 ton sempat robek dan menumpahkan bocoran minyak namun kapal memutuskan untuk tetap melanjutkan perjalanan ke terminal Yangshan, Shanghai, RRCina – sekitar 124 mil dari lokasi kejadian.

Chou San (milik pelayaran Sincere Navigation Taiwan, dibuat tahun 2005) langsung menjalani perbaikan walau hanya sedikit saja, sedangkan CMA CGM Florida mengalami kerusakan di sekitar 4 row kontainer.

Otoritas terkait di Shanghai langsung melakukan operasi pembersihan dengan mengerahkan 5 (lima) unit kapal operasi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden diatas dan juga tidak ada kontainer terjatuh ke laut.

CMA CGM Florida sedang dalam perjalanan dari wilayah pantai timur Amrik via Terusan Panama menuju RRCina.Tim investigasi dari Marine Accident Investigation Bureau (Inggeris) sudah langsung diterjunkan ke lokasi. Stay tune.


Disisi lain, ada kabar juga bahwa kapal “OOCL Belgium” (2.800 TEUs) kabarnya ditarik dari servis (konon tanpa pemberitahuan sebelumnya) tapi hanya diberi catatan “pengecekan setibanya di Bremerhaven”, Jerman – kabar dilansir Jumat 22/03 lalu.

OOCL mengoperasikan kapal ini di Gateway Express (GEX1) dan melintas Atlantik dengan satu kapal lainnya. Kapal buatan tahun 1998 ini dilengkapi pemecah es sehingga bisa masuk perairan Kanada yang dikenal cukup dingin.

Pihak OOCL tidak menginginkan adanya kebuntuan pasok rantai logistik namun tetap menurunkan kargo di Bremerhaven dan akan meneruskan dengan kapal prioritas pertama, khususnya kargo tujuan Le Havre, Perancis.

Detil rotasi GEX1 sebagai berikut : Antwerp – Bremerhaven – Le Havre – Liverpool – Montreal – Liverpool – Antwerp. Siiip and good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar