Rabu, 13 Maret 2013

JT 130313 : Andai HL + HS Digabung


Berandai-andai khan boleh-boleh saja namun apabila yang ngomong itu salah satu pemegang saham dominan, bakal lain ujungnya. Bisa lebih mungkin maujud !

Adalah Chairman Kuehne + Nagel (K+N) Klaus-Michael Kuehne, sang pemilik saham Hapag-Lloyd (HL) dengan 28 persen yang mengutarakan keinginannya untuk menggabungkan HL dengan Hamburg-Sud (HS).

Klaus merupakan pemilik mayoritas perusahaan penyedia layanan logistik global, K+N dengan 57,6 persen dan kekayaan personalnya mencapai USD 5,9 milyar di tahun 2007 lalu versi majalah Forbes.

Seperti diketahui, pemilik HS yakni August Oetker dan keluarganya dikenal sangat anti-merger ato kerjasama sekalipun, namun bukan Klaus namanya bila gak ngotot untuk mewujudkan mimpinya.

Bahkan ditambahkan lagi, apabila maujud, Klaus ingin menambahkan APL yang merupakan peminat serius kala itu via NOL untuk membeli HL namun batal karena terjadinya krisis berkepanjangan di tahun 2007 lalu.

Merger antara HL + HS aja, bisa menciptakan pelayaran ke-4 terbesar didunia setelah Maersk Line, MSC dan CMA CGM Group. Apalagi bila ditambah APL bisa lebih yahuuud di pasar.

Bisa ato tidaknya, tinggal kiprah di level atas aja. Mungkin gak sih berkompromi mewujudkan ide gila ini dan apakah APL berminat masuk HL setelah sempat kepincut beberapa tahun lalu.

Hi hi hi mirip orang lagi CLBK ya ? Cinta lama bersemi kembali ha ha ha. Just stay tune ... Kayaknya sih tinggal menunggu waktu saja, sambil Klaus meyakinkan keluarga Oetker atas ide "wah"-nya.

Oh ya rujukan sebelumnya atas isu ini, baca JT 060712 : Kuehne Usul Hapag-Lloyd Merger Dengan Hamburg-Sud.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar