Kamis, 22 November 2012

JT 221112 : Argentina Dan Indonesia Dilanda Demo


Sejak beberapa hari lalu, republik ini dan negeri Argentina yang jauh diujung sono, dilanda pemogokan buruh yang menuntut kesejahteraan. Perkara buruh memang ibarat mata uang bersisi dua. Dilematis.

Di republik ini ribuan buruh melakukan demo hari ini dan berorasi menuntut penghapusan outsourcing tanpa kecuali. Untungnya, dilaporkan hingga sore ini ngga ada tindakan anarkis selain memacetkan jalanan di ibukota sejak tadi siang. Demo terfokus di Jakarta dan sekitarnya.

Di Argentina, para buruh pelabuhan, petugas bandara, kereta api dan angkutan darat melakukan aksi mogok bersar-besaran dan secara lebih singkat, melumpuhkan sektor transportasi – demikian sebagaimana dilaporkan Inchape Shipping Services (ISS).

Demo ini merupakan yang terbesar selama satu dekade ini. Kantor berita Reuters melaporkan, tak hanya insan transportasi yang terlibat demo tetapi didukung insan perbankan. Massa berarak dan berorasi didepan Plaza de Mayo, didepan istana kepresidenan.

Demo massal ini dipicu demo sebelumnya, yang dilaksanakan tanggal 08/11 lalu, sebagai jawaban atas tingginya angka kriminalitas dan respon dari pihak kepolisian yang lemot serta inflasi yang meroket. Sejumlah kapal belum bisa merapat ato bongkar akibat pemogokan tersebut.

Ya sabar dan prihatin aja dulu. Buruh juga khan manusia, dia punya nyali dan tanggung jawab.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar