Selasa, 20 November 2012

JT 201112 : H-L Tersurung Lagi


Beban berat yang dipikul pelayaran nomor 6 (enam) terbesar didunia, Hapag-Lloyd (H-L) belum juga usai. Prestasi 9 (sembilan) bulan pertama di tahun 2012, H-L membukukan net loss euro 94,1 juta (= USD 119,2 juta). Wooow !

Kontribusi kerugian diperoleh dari kenaikan harga bahan bakar minyak (bunker) serta biaya–biaya lain. Memang ada upaya penyesuaian harga (dikemas dalam paket “General Rate Increase” ato GRI dan sejumlah nama lain) namun ngga bisa diharapkan banyak.

Chairman H-L, Michael Behrendt menegaskan hal tersebut, apalagi di tahun 2012 kayaknya ngga bakal nemu beban kargo puncak alias “peak season” seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab apa ? Krisis Eropa yang melanda sebagian negara anggotanya ? Bisa jadi Bro’.

Pelayaran yang bermarkas di Jerman ini menyebutkan, kenaikan harga meningkat 2,2 % dengan rata-rata menjadi USD 1.574 per TEU – terhitung mulai Januari hingga September. Volume meningkat 2,3 %, menjadi 3,96 juta TEUs.

Selama sembilan bulan ini, H-L mengalokasikan dana investasi sebesar euro 692,5 juta guna pengadaan kapal dan kontainer. Dua unit kapal baru sudah dikirim di kuartal 3, dari total 8 x 13.200 TEUs yang dipesan.

Semoga H-L bisa beroperasi lebih baik dan efisien di masa mendatang.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar