Bulan Juli lalu, kapal MSC Flaminia (6.750 TEUs)
mengalami musibah kebakaran di Lautan Atlantik. Kabarnya, kebakaran ini masih
misterius dan pihak asuransi saja masih menolak atau menghindar dari kalusul
General Average.
Pihak asuransi tetap ngotot untuk menurunkan kontainer
dari kapal yang terbakar dan dilakukan inspeksi terlebih dulu untuk memastikan
segala sesuatunya – demikian laporan media Containerisation International (CI).
Palka no. 4 masih menyala kecil akibat ledakan yang
menyebabkan korban tewas 3 (tiga) orang pelaut dan melukai 2 (dua) orang
lainnya. Kapal ini akhirnya diperbolehkan masuk pelabuhan baru Wilhelmshaven,
Jerman.
Sebagaimana diduga – walau dibantah oleh pihak MSC – kapal
MSC Flaminia membawa kargo “combustible bleaching agent calcium hypochlorite”
atau barang berbahaya, Kelanjutannya, harus menunggu konfirmasi dari pihak
asuransi tadi.
Kejadian seperti bukan yang pertama kali terjadi namun
dalam beberapa kejadian, berakibat fatal. Contohnya, kebakaran diatas kapal “Charlotte
Maersk” (8.194 TEUs) di bulan Juli 2010 menyebabkan pelayaran Maersk Line melarang
kargo bahan kimia, terutama dengan kalsifikasi : UNNO 2880, UNNO 1748, UNNO
2208, UNNO 1479.
Kabar sebelumnya tentang kapal ini, silahkan baca edisi
sebelumnya di : JT 271012 : Update _ MSC Flaminia, JT 110912 : MSC Flaminia
Tiba Di Jerman, JT 050812 : MSC Flaminia Masih Membara, JT 260712 : Kapal MSC
Flaminia Dibawa Ke Inggeris dan JT 170712 : Lagi, Musibah Kapal MSC Di Lautan
Atlantik.
Sumber : Dari Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar