Sabtu, 18 Juni 2011

JT 180611 : NOL Beli 10 x 14.000 TEUs & 2 x 9.200 TEUs

Bibit rumors tempo hari berbuah kenyataan, setelah pihak Neptune Orient Lines (NOL) menandatangani pembelian 12 unit kapal dari Korea Selatan, tapi dibagi di 2 (dua) galangan berbeda. Bagi-bagi rejeki ‘lah.

Hyundai Samho Heavy Industries (HSHI) kebagian membangun 10 x 14.000 TEUs sedangkan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) membuat 2 x 9.200 TEUs – hasil revisi dari pesanan sebelumnya yang 8.400 TEUs.

Order ke DSME diterbitkan tahun 2010 lalu, namun menimbang perkembangan dan teknologi yang diinginkan memadai maka NOL memutuskan untuk merevisi pesanan kapal 8.400 TEUs menjadi 9.200 TEUs. Mirip yang dilakukan CMA CGM beberapa hari lalu ya.

Konstruksi kapal anyar ini menelan biaya USD 1,54 milyar dan alokasinya, kapal 14.000 TEUs bakal bertugas di rute Asia – Eropa (AE loop) sedangkan kapal 9.200 TEUs ditargetkan masuk pasar Trans Pasifik (TP). Mantap khan ?

Masa pengiriman dijadualkan antara tahun 2013 hingga 2014. Jadi masih 3 tahun lagi, tetap waspada karena sejak sekarang pun kapal-kapal segede ini sudah mulai masuk pasar. Seperti milik China Shipping Container Lines (CSCL) tuh.

Congrats buat NOL/APL ya. Waspadalah terhadap banjir kapasitas ruang (space capacity) karena bisa berpotensi over-capacity. Rujukan terkait, silahkan baca JT 150611 : CMA CGM Rubah Kapal Jadi 15.000 TEUs, JT 280411 : CSCL & CMA CGM Peroleh Kapal Baru dan JT 200411 : NOL Untung USD 461 Juta !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar