Rabu, 08 Juni 2011

JT 080611 : IICL - Tren Permintaan Kontainer Meningkat

Fluktuasi pasok dan permintaan kontainer dari waktu ke waktu kadang membingungkan. Di saat prediksi volume turun ehh ... bisa-bisa melonjak naik, begitu juga sebaliknya. Ngga heran sekarang ini orang berjudi, ambil dulu aja peluang. Gitu.

Kabarnya, semenjak tahun lalu, hampir semua kontainer diborong perusahaan persewaan kontainer (leasing companies) sehingga diprediksi harga akan merambat naik - demikian menurut Institute of International Container Lessors (IICL).

Rujukan US Container Leasing Index versi Bloomberg, sejak Maret 2009 index harga 4 (empat) leasing companies : Textainer, TAL International, CAI International dan SeaCube bergerak ke arah positif. Mantap !

Di tahun 2010 lalu, penyewa (lessors) dari berbagai kalangan harus merogoh kocek hingga USD 4 milyar untuk membayar 1,6 juta TEUs dari 2,75 juta TEUs yang dibuat (untuk semua tipe, termasuk standar dan reefer containers) - demikian catatan media American Shipper.

Ini kesempatan bagus karena beberapa waktu, perusahaan pelayaran masih konsentrasi untuk membangun armada kapal sehingga agak luput menyiapkan armada pendukung berupa kontainer dan kesempatan ini 'dimakan' leasing companies he 3x.

Containerisation International (CI) melaporkan, tahun ini produksi kontainer akan menyentuh angka 3,5 juta TEUs dan tahun 2012 meningkat menjadi 4,3 juta TEUs  karena membengkaknya konstruksi kapal-kapal gede (ka-ge).

Ngga salah bila leasing companies berlomba membenamkan investasi dan menyiapkan kontainer sekemampuan yang bisa, agar bila booming terjadi, mereka bisa menangguk untung. Ya hitung-hitung berbagi kapling dan kejelian memanfaatkan peluang, sekali lagi.

Halo investor, ada yang minat ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar