Kamis, 09 Juni 2011

JT 090611 : Pelabuhan Kaohsiung (KHH) Percantik Diri

Upaya Taiwan menarik pelayaran besar supaya menjadikan negerinya sebagai salah satu hub-port terlengkap dan terpadu, terus digulirkan. Kabarnya, otoritas Kaohsiung Harbour Bureau (KHB) menganggarkan USD 68,9 juta membangun dermaga kontainer.

Duit sejumlah NTD 2 milyar dalam mata uang setempat, akan digunakan membangun dermaga, mengeruk 3 dermaga di terminal nomor 4 supaya bisa menampung kapal berkapasitas 10.000 TEUs - demikian ungkap China Economic News Service.

Yang digandeng otoritas juga kebetulan Yangming Marine Transport (YML). Dengan membenamkan NTD 18 milyar tahun ini, YML membangun teminal No. 6 dengan 2 dermaga besar untuk menampung ka-ge 12.500 TEUs.

Terminal No. 4 pun selain dikembangkan, juga akan dikeruk kedalamannya (draft), dari 14 meter menjadi 17 meter sehingga kapal 10.000 TEUs dapat sandar. Mulai Agustus ini (dengan menggendeng Evergreen) akan dibenahi wharves nomor 115-117.

Setelah proyek diatas selesai, langkah selanjutnya membangun 3 dermaga di No. 3 yang bakal disewa YML dan APL. Pelayaran lain, Evergreen Line dan Hanjin Shipping kabarnya bakal menyewa dermaga No. 4.

Begitulah wajah KHH alias Kaohsiung mempercantik diri agar ngga kalah bersaing dengan pelabuhan negeri tetangga, RRCina yang senantiasa ingin mencaplok Taiwan menjadi salah satu bagian Cina daratan.

Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar