Minggu, 05 Juni 2011

JT 050611 : PIL/WHL Tarik Kapal Dari Rute Eropa

Hantaman ocean freight yang ngga memenuhi keinginan Operator kapal, bisa berbuntut panjang. Service level terganggu, kapal parkir meningkat pesat dan persaingan semakin ketat. Buktinya, sekarang kapal PIL/WHL pun harus cabut dari kawasan Eropa.

Lha PIL/WHL tutup donk servisnya untuk rute Eropa alias Far East - North Europe Servive (FES) ? Pacific International Lines (PIL) dan Wan hai Lines (WHL) nantinya tetap membuka servis Eropa tetapi dengan membeli slot dari COSCO.

Sejak awal tahun disinyalir harga terus melorot dan permintaan pasar diluar dugaan, memble. PIL/WHL siap membeli slot COSCO di aliansi strategis CKYH, yakni loop NE1 dan NE3. Bagi pemain baru, ngga terlalu mengejutkan 'lah.

Malah boleh dibilang langkah yang cepat dan tepat untuk menghindari kerugian yang lebih besar. FES pertama kali diluncurkan April 2004 namun dibekukan sekitar Desember 2008 akibat rangaian deraan krisis global tempo hari.

FES dioperasikan kembali Maret 2010 lalu dan seperti diinformasikan sebelumnya, PIL/WHL memilih membeli slot dulu untuk tindakan jaga-jaga. Suspensi FES ngga berpengaruh banyak karena kapal-kapal yang dioperasikan PIL/WHL sekitar 4.250 TEUs per unit.

NE1 memiliki rotasi sbb : Singapura - Shenzhen/Yantian - Shanghai - Ningbo - Hong Kong - Guangzhou/Nansha - Hamburg - Rotterdam - Felixstowe - Singapura, dan NE3 rotasinya : Guangzhou/Nansha - Hong Kong - Xingang - Dalian - Qingdao - Ningbo - Shenzhen/Yantian - Singapura - Rotterdam - Felixstowe - Hamburg - Antwerp - Guangzhou/Nansha.

Congrats.

Sumber : Dari Sana-sini (JT 040611 ngga terbit karena alasan teknis, Thanks),

Tidak ada komentar:

Posting Komentar