Minggu, 22 November 2020

JT 221120 : Prospek Pelabuhan Patimban


Polemik terkait pembangunan Pelabuhan Patimban di propinsi Jawa Barat, hingga kini menghadirkan pro + kontra terkait prospek bisnis kedepannya. Ada yang meng-klaim bakal jadi pelabuhan tersibuk di Tanah Air. Tetangganya jelas gak terima dunk.

Secara fasilitas infrastruktur pun belum sepenuhnya terwujud tetapi berbagai klaim yang lain bermunculan – mohon maaf, berlebihan – dapat menekan biaya logistik hingga single digit.

Wong mitra yang diajak bekerjasama menjadi operator pun sempat didebat kurang capable namun karena dibelakangnya menggandeng Pelindo III dan seterusnya, akhirnya masyarakat diminta memahami.

Apapun wujud Pelabuhan Patimban kedepannya patut didukung secara nasional agar republik ini memiliki banyak pelabuhan berkelas internasional dan satu sama lain bisa berkompetisi secara terbuka, seperti halnya di RRCina.

Untuk meniru kapabilitas pelabuhan2 di RRCina gak masalah namun SDM yang ditempatkan nantinya harus betul2 yang memahami bisnis kepelabuhanan serta memiliki kompetensi di bidangnya sehingga hasilnya optimal.

Selain pemetaan terhadap kawasan industri + sentra produksi mana aja yang potensil dan bisa mendukung keberhasilan sebuah pelabuhan, wajib dipetakan dengan baik. Maklum data di negeri ini kadang sulit didapat + sulit diolah.

Kita lihat, rencananya akhir tahun 2020 ini Fase I akan dioperasikan dan dilanjutkan pembangunan Fase II awal Januari 2021. Semoga sesuai harapan dan target menjadikan biaya logistik ke single digit bisa maujud.

Itu aja dulu. Jangan banyak berdebat dan saling menjatuhkan. Buktikan dengan kenyataan.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Nusantara Maritime News.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar