Sabtu, 14 November 2020

JT 141120 : Intra-Asia Kekurangan MTY Container

 

Hampir semua negara mulai merasakan dampak dari ketidakseimbangan stok yang diakibatkan oleh pandemi Coronavirus ato Covid-19 sehingga saat ini volume ekspor akan mengalami kendala akibat kosongnya pasokan kontainer kosong (MTY boxes).

Jika dikembalikan ke khitahnya, seharusnya ada arus kontainer impor sehingga jika sudah kosong bisa dipergunakan kembali namun kenyataannya karena banyak negara sedang bergelut menangani Covid-19 sehingga terlewatlah isu ini.

Disadari ato tidak, kejadian ini sempat dialami khususnya oleh Indonesia sekitar tahun 1998 lalu, dimana kontainer kosong menjadi idola disaat transaksi jual beli sedang asyik2nya dan harga boleh dibilang bagus bingitz. Siapa juga yang mo melewatkan kesempatan ini.

Kini kejadian serupa terjadi lagi dimana permintaan kontainer kosong kali ini dinilai cukup tinggi diprediksi dalam 5 tahun ke belakang, lebih khusus untuk pasar Intra Asia. Pasar lain puntumbuh tetapi tidak semeriah Intra Asia.

Sejumlah pelayaran melihat kondisi seperti ini sebagai peluang dan dikabarkan Wan Hai Lines (WHL), Gold Star Line (GSL), Ocean Network Express (ONE) + OOCL disebut-sebut sedang menyiapkan servis baru ato servis tambahan.

Menurut Danny Hoffmann, managing director GSL yang berkedudukan di Hong Kong dan merupakan salah satu afiliasi dari Zim Line, ongkos tarif ke Vietnam, Thailand, Malaysia saat ini merupakan yang tertinggi dalam 5 tahun terakhir.

Gak semua pemain tertarik di ladang Intra-Asia karena pemain global memilih rute jarak jauh yang lebih menjanjikan seperti Trans Pasifik (TP) serta Asia – Eropa (AE). Hanya MSC, OOCL + ONE yang diprediksi tertarik ekspansi di Intra Asia.

Yang membuat ngiler pelayaran global ikut nyemplung di Intra-Asia karena seperti diutarakan Chuah Seow Yong – GM Liner Division PIL, harga kontainer 20; dari RRCina ke Vietnam naik USD 100 awal September namun minggu ke-2 Oktober sudah berada dikisaran naik USD 450-500/20’.

Pelayaran Hong Kong, TS Lines bergabung dengan X-Press Feeders + KMTC mengoperasikan China-India West Coast X-Press, yang menghubungkan RRCina, Singapura, Malaysia, India barat + Pakistan, dengan armada 6 (enam) kapal kapasitas 4.200 – 5.000 TEUs.

Ibarat pepatah, ada gula ada semut.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : The Loadstar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar