Rabu, 18 November 2020

JT 181120 : MSC Lanjut Ekspansi

 

Bagi pelayaran Mediterranean Shipping Co. (MSC) gak ada cerita bertahan di saat pandemi sekalipun. Hajar terus di pasar dan gak main2 menambah koleksi kapal, baik membeli maupun menyewa.

Kali ini, pelayaran yang bermarkas di Swiss ini membeli kapal EM Athens (kapasitas 2.506 TEUs) seharga USD 5 juta dari sang pemilik berkebangsaan Yunani, pemilik Eurosas – demikian menurut catatan Seasure Shipbroking.

Kapal tsb buatan tahun 2000 dan ditaksir VesselsValue di kisaran harga USD 4,55 juta. Sebelumnya kapal ini memang disewa oleh MSC dengan harga sewa harian USD 9.250 namun karena adanya kebutuhan, sekalian aja dibeli.

Kapal ini langsung diganti nama menjadi MSC Malena. Dalam beberapa bulan terakhir setelah terdapat kecenderungan harga2 merangsek naik, MSC sibuk menambah kapal second-hand untuk memperkuat armadanya.

Sebelumnya lagi, MSC memborong 6 (enam) unit kapal kontainer asal Jerman dengan kapasitas beragam antara 7.849 TEUs – 8.500 TEUs dengan total harga USD 158 juta. Setelah membeli juga sebuah kapal berkapasitas 4.800 TEUs (buatan tahun 2005) senilai 2005 seharga USD 12 juta.

Ada juga akuisisi kapal Greenwich Bridge (5.624 TEUs) milik Doun Kisen senilai USD 14 juta serta kapal lainnya, Bomar Hermes (2.490 TEUs) dari Borealis Finance namun gak disebutkan nilai transaksinya.

Jika deal2 diatas berjalan mulus maka armada ato kekuatan MSC semakin mendekati Maersk yang dalam beberapa tahun ini memillih untuk mengerem pembelian dan selisihnya hanya tinggal 0,9 persen saja.

Baik Maersk maupun MSC kebetulan berada dalam aliansi strategis yang sama, 2M. Sementara itu mantan petinggi Maersk, Soren Toft yang hijrah + bakal bertindak sebagai CEO MSC terhitung mulai bulan ini.

Selamat bertugas !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar