Jumat, 20 November 2020

JT 201120 : Sea-Intel Soroti Pertumbuhan di Trans Pasifik / TP

 

Menurut lembaga kajian kemaritiman, Sea-Intelligence bahwa rencana di bulan Desemer mendatang abakal ada potensi penambahan kapasitas untuk menyongsong ritual tahunan Natal + Tahun Baru.

Bahkan diperkirakan bakal meningkat 4x lebih besar dibanding rute eksisting Asia – Eropa (AE) ato bahakan mencapai 8x di awal tahun 2021. Sekali lagi, ini prediksi sehebat apapun angka bisa berubah.

Berdasarkan database Trade Capacity Outlook (TCO), analisa kenaikan tersebut merujuk dinamika pasar Trans Pasifik (TP) meningkat luar biasa. Untuk itu, diperkirakan lonjakan kapasitas di bulan Desember mencapai 27,3 persen.

 Akibat lonjakan permintaan, disamping kargo yang melimpah kenaikan tarif pun menjadi pemicu hampir semua pemain besar kini menggelar operasi khusus ato extra loader untuk mengakomodir permintaan pasar TP.

Bahkan pasar AE yang biasanya memiliki kenaikan significant, untuk tahun ini harus rela sejumlah kapalnya di alihakn / rerouting ke TP. Just wait and see perkembangan lebih lanjut ya.

Jika berdiskusi dengan topik kekurangan kontainer, jangan heran kebutuhan yang diinginkan dengan pasok kontainer kosong gak seimbang sehingga timbul yang disebut shortages alias daerah minus.

Harus bagaimana ? Tingkatkan impor karena Prinsipal gak ingin kirim kontainer kosong gratisan sementara disisi sana ada margin yang menggiurkan. Udah gitu aja, Siapa yang bisa membaca pasar dengan baik, dia menang !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar