Minggu, 16 Februari 2020

JT 160220 : SM Line Gantikan HMM Di 2M


Selalu ada topik menarik di industri pelayaran, kapan dan dimana pun. Pengaruhnya sangat brasa jika ada perubahan dikit aja, baik di keanggotaan sebuah aliansi maupun servisnya. Bisa juga nisbi karena perannya kecil tetapi tetap aja jadi isu.

Kabar menarik adalah setelah pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM) lepas kerjasama dengan aliansi strategis 2M (Maersk + MSC) rupanya posisinya langsung digantikan oleh SM Line.

SM Line juga merupakan besutan Korea Selatan, usai Hanjin Shipping (HJS) bangkrut beberapa waktu lalu. Sebagian besar karyawannya pun merupakan mantan HJS. No wonder he 3x.

Setidaknya slot yang sempat dipake HMM kini bisa diisi oleh SM Line di rute Trans Pasifik (TP). Kabarnya persiapan sudah dimatangkan sebelum HMM cabut dan join dengan THE Alliance per 1 April 2020 mendatang.

Walau MSC menampik bahwa SM Line bekerjasama langsung dengan 2M tapi jika disebut saling mengisi maka gak keberatan rasanya. Dilihat dari kapasitasnya SM Line belumlah sekuat HMM tapi tetap aja berkolaborasi judulnya.

MSC lebih suka menyebut slot-purchase ato slot-exchange. SM Line dibentuk oleh sebuah perusahaan konstruksi Samra Midas Group dan sebelumnya sudah memiliki Korea Line Corporation (KLC) yang lebih banyak main di break bulk.

Semoga rencana kerjasama antara SM Line dengan 2M bisa berjalan mulus karena harus mendapat persetujuan dari otoritas terkait, yakni Federal Maritime Commission (FMC).

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Lloyd's List.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar