Sabtu, 31 Maret 2018

JT 310318 : Cosco Shipping Leo Vs Mercury Triumph


Ini kejadian rada miris lan tragis karena kapal baru milik pelayaran terbesar di daratan Cina, Cosco Shipping Leo (kapasitas 20.000 TEUs) bertabrakan dengan kapal Mercury Triumph.

Kapan kejadiannya ? Terliput hari ini karena kapal Cosco Shipping Leo kabarnya tengah menjalani serangkaian test, sebelum resmi beroperasi. Kejadian pastinya hari Kamis tgl 29/03/18 siang.

Kapal Cosco Shipping Leo merupakan kapal terbesar yang dimiliki Cosco Shipping, dan baru aja selesai dinamai melalui acara khusus tgl 23/03/18 serta memulai serangkaian test sejak tgl 27/03 lalu.

Itu tadi, musibah gak bisa diduga dan selalu datang tiba2. Kedua kapal komersil dilaporkan dalam keadaan rusak (damage), hanya saja seberapa parah, kudu menunggu hasil tim investigasi untuk memastikannya.

Menurut catatan, Cosco Shipping Leo merupakan kapal generasi terbaru dari ultra-large container ship (ULCS) dan dirancang secara independen oleh Nantong COSCO Shipping Kawasaki.

Spesifikasi kapal CoscoShipping Leo memiliki panjang 400 meter, lebar 58,6 meter dan draft 30,7 meter. Kabarnya kapal ini merupakan kapal kontainer terpanjang hingga saat ini, yang panjangnya mencapai 400 meter.

Rencananya sih, Cosco Shipping Leo siap beroperasi mulai tgl 10/04/18 di rute Asia – Med (AME) dimana Cosco dan mitra aliansi mengoperasikan bersama kapal2nya bersama kapal pertamanya, Cosco Seaborne Aries di AEU3.

Cosco Shipping sengaja memilih penamaan kapal ULCS dengan menggunakan rasi bintang, seperti Leo tadi karena merunut kepada sejarah navigasi didekade awal merujuk kepada konstelasi bintang di langit.

Makanya kemudian Cosco menamai keseluruhan 11 kapal barunya dengan Cosco Sea Constellation Express. Seperti apa update info jadual resmi pelayaran Cosco, sebaiknya kontak kantor perwakilan Cosco Shipping terdekat.

Di sisi lain, kita nyari data siapa operator dan lain sebagainya dari Mercury Triumph, tapi gak banyak data yang bisa dibagi. Menyusul aja ya – klo ada itu juga.



Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar