Selasa, 06 Maret 2018

JT 060318 : CMA CGM Operasikan Kapal Tergede Di Afrika

Bagi benua Afrika, kedatangan kapal gede masih merupakan momen langka, apalagi di Kamerun, negeri yang lebih dikenal dengan persepakbolaannya dibanding transaksi perdagangan internasionalnya.

Blon lama ini, pelayaran Perancis, CMA CGM dikabarkan mengoperasikan kapal CMA CGM Bianca (8.721 TEUs) dan bakal menjadi kapal terbesar yang masuk ke pelabuhan Kribi, Kamerun.

CMA CGM kabarnya menawarkan servis ke Republik Demokratik Kongo dan Gabon via Kamerun. Chairman + CEO CMA CGM Rodolphe Saade menyampaikan bahwa strategi membuka Kribi, juga menjadi terobosan rencana infrastruktur global.

Pelayaran yang bermarkas di Marseilles ini gak kerja sendirian tetapi menggandeng mitra kerja lain, seperti : Bollore Transport & Logistics dan China Harbour Engineering Co (CHEC), anak perusahaan dari China Communications Construction Company (CCCC).

Gak Cuma itu aja, CMA CGM juga mengincar volume barang dari Chad maupun negara2 di Afrika Tengah sehingga nantinya Kribi Container Terminal diharapkan bisa menjadi hub-port kapal2 CMA CGM kedepannya.

CHEC merupakan perusahaan pengerukan ke-2 terbesar di dunia, yang mengelola proyek2 di Asia, Afrika dan Eropa dan sudah 25 tahun memiliki kerjasama dengan pemerintah Kamerun. Aje gile.

CMA CGM mengoperasikan Kribi Container Terminal yang memiliki panjang dermaga 335 meter dan dipakai sandar kapal CMA CGM Bianca. Selain itu, pelayaran Perancis ini memiliki sejumlah servis ke Asia, Eropa dan Med.

Servis ASAF, misalnya, menghubungkan Asia dan Afrika Barat, rotasinya : Qingdao - Xingang/Tianjin – Busan – Shanghai – Ningbo - Guangzhou-Nansha - Tanjung Pelepas – Singapura - Pointe des Galets - Cape Town - Pointe Noire – Kribi – Luanda - Cape Town - Port Kelang – Singapura - Qingdao.

EURAF 4, menghubungkan Med dan Afrika Barat, rotasinya : Marseilles – Barcelona – Valencia – Casablanca – Algeciras – Tangier – Dakar – Lome – Bata – Malabo – Apapa – Tincan – Onne – Kribi - Port Gentil – Libreville – Douala - Algeciras -  Marseilles.

EURAF 5, menghubungkan Eropa dengan Afrika Barat, rotasi pelabuhannya sbb : Antwerp - Le Havre – Lisbon – Algeciras - Pointe Noire – Luanda – Kribi – Douala – Abidjan - Algeciras - Antwerp.

Sumber : Dari Sana-sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar