Selasa, 13 Maret 2018

JT 130318 : Update 2 - Api Maersk Honam Bisa Dikendalikan



Hantaman bertubi-tubi ke pihak Maersk Line seolah gak cukup sekali dan terjadi dukup intensif dalam minggu2 ini. Setelah isu kapal Maersk Shanghai yang harus kehilangan 70an kontainer karena cuaca buruk, kini didera isu Maersk Honam.

Pelayaran Denmark ini sangat peduli dalam menangani kobaran api di kapal gede-nya Maersk Honam di atas lautan Arabia dimana hampir semua mata tertuju kesana. Bukan tanpa alasan, kapal ini memiliki kapasitas waaah dan tergolong baru.

Kembali ke perkembangan terbaru, pihak Indian Coast Guard (ICG) menyebutkan bahwa kobaran api diatas kapal Maersk Honam sudah dapat dijinakkan walau blon 100 persen padam karena bisa sewaktu-waktu timbul letupan baru yang bisa menyebabkan kebakaran lagi.

Wakil Kepala ICG wilayah barat, Avinandan Mitra, asap bekas bahan kimia masih mengepul dan tengah menunggu temperatur mendingin walau harus melalui proses panjang. Efek kebakaran dan panasnya api gak bisa sehari padam dam !

Lima hari setelah amukan api, hari Sabtu lalu pihak otoritas terkait menyampaikan bahwa api sudah dapat dikendalikan. PR selanjutnya, melakukan pencairan korban hilang 4 (empat) orang, yang diduga terperangkap di dalam kapal.

Sebagai info awal, sebab kebakaran telah diklasifikasikan sebagai "api kimiawi" oleh ICG, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang indikasi adanya kargo berbahaya (dangerous goods) yang dibawa pada kontainer tsb.

Perkembangan selanjutnya, tetap menunggu info dari pihak operator kapal. Rujukan sebelumnya terkait isu Maersk Honam, silahkan baca JT 090318 : Update 1 – Maersk Honam,  JT 070318 : Kapal Maersk Honam Alami Kebakaran dan JT 040318 : Maersk Shanghai Dihantam Cuaca Buruk.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar