Kamis, 15 Maret 2018

JT 150318 : Maersk Minimalisir Jadual Setelah Maersk Honam



Dampak beruntun yang ditimbulkan akibat kobaran api di kapal kontainer Maersk Honam, pihak pelayaran yang mengoperasikan kapal terbanyak ini mengantisipasi jadual pelayaran agar gak terlalu berdampak negatif.

Pihak Maersk Line langsung menyiapkan alternatif untuk menggantikan shipment dari Eropa, yang semula akan dinaikkan ke kapal Maersk Honam. Namun malang tak dapat ditolak, Maersk Honam mengalami kebakaran hebat tgl 06/03 lalu di dekat pelabuhan Salalah, Oman.

Kapal Maersk Honam dioperasikan di servis AE11 Jade loop aliansi strategis 2M (Maersk Line + MSC) dimana HMM ikut serta sebagai filler. Rute AE11 : Qingdao – Busan – Ningbo – Xiamen – Nansha – Yantian – Singapura – Malta – Barcelona – Valencia - La Spezia - Gioia Tauro - Port Said - King Abdullah City – Dubai – Singapura – Shekou – Xiamen - Qingdao.

Total armada kapal di AE11 ada 11 unit, kapasitasnya bervariasi mulai 13.000 TEUs  hingga 15.900 TEUs. Pihak Maersk memperkirakan Maersk Honam akan tiba di Eropa 2 (dua) minggu setelah semua urusan selesai.

Dalam program pertolongan dan pencarian korban hilang, sejumlah kapal Maersk diperbantukan ikut serta, namun pihak Maersk Line juga gak ingin merusak jadual secara keseluruhan dan menawarkan alternatif.

Hingga saat ini pihak Maersk Line menolak berkomentar terkait sebab2 terjadinya kebakaran namun menyampaikan, akibat mis-deklarasi dapat menyebabkan kerusakan fatal, khususnya untuk kategori barang berbahaya.

Maersk telah menunjuk spesialis penanganan bencana seperti ini ke pihak Smith Salvage + Ardent. Semoga bisa cepat padam dan kapal bisa segera diperbaiki setelah barang dibongkar.

Info sebelumnya, silahkan baca JT 130318 : Update 2 – Api Maersk Honam Bisa Dikendalikan, JT 090318 : Update 1 – Maersk Honam,  JT 070318 : Kapal Maersk Honam Alami Kebakaran dan JT 040318 : Maersk Shanghai Dihantam Cuaca Buruk.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar