Minggu, 04 Maret 2018

JT 040318 : Maersk Shanghai Dihantam Cuaca Ekstrim



Sebagaimana diketahui, pada tgl 03/03 kapal Maersk Shanghai menghadapi cuaca buruk saat dalam pelayaran menuju Charleston, South Carolina. Sekitar 70-73 unit kontainer dilaporkan hilang (ato terjatuh ke laut).

Pelayaran nomor satu di dunia menyadari hal terjelek yang akan dialami dalam situasi seperti sekarang dan langsung menghubungi Penjaga Pantai ato US Coast Guard (USCG). Pantai timur Amrik memang sedang menggila, tinggi gelombang bisa mencapai 10-12 meter. 


Pihak USCG serta merta mengeluarkan peringatan bahaya navigasi dan menyarankan pelaut /pelayaran yang melintasi wilayah tsb, untuk lebih berhari-hati saat melintasi kawasan perairan itu.



Pihak Maersk Line langsung memanggil tim surveyor untuk memastikan sebab-musabab dan juga kedepannya klaim asuransi, apabila diperlukan. Pihak Maersk bahkan tengah mencari pelabuhan terdekat untuk membongkar kargo yang ada.

Dan juga pihak Maersk sudah menghubungi pemilik barang sehubungan dengan kejadian diatas. Sesuatu yang gak diinginkan tetapi terjadi juga. Pasalnya jelas, its a force majeure.

Semua awak kapal dikabarkan dalam kondisi baik dan selamat. Maersk Shanghai 
merupakan kapal sewa, buatan tahun 2016 (gileee, masih gres cuy), memiliki kapasitas 10.081 TEUs, beroperasi di servis TP1 dan berbendera Liberia.

Ikuti perkembangannya disini ya. Ikut prihatin.
 
Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar