Selasa, 18 Juli 2017

JT 180717 : Petya Rusak Data TNT Express

Kerusakan yang diakibatkan oleh serangan virus Petya beberapa waktu lalu dan sempat menghebohkan industri transportasi global karena berhasil membobol salah satu sistem milik Maersk Line, cukup meresahkan belakangan ini.

Pihak pelayaran Denmark yang selama 2-4 minggu harus focus melakukan pekerjaan secara manual dan dibantu portal luar seperti INTTRA, akhirnya sepakat untuk memperkuat tim IT dan kedepannya mengantisipasi serangan serupa di sistem berbasis IT.

Baru2 ini, muncul lagi info bahwa TNT Express terkena dampak dari serangan Petya dan mulanya dianggap gak begitu parah, namun ternyata dampaknya hingga saat ini pembuatan invoice pun bermasalah dan dilakukan manual pula.

Hampir setiap orang mengira Petya hanyalah sebuah virus yang dikomersilkan. Artinya, siapa yang berhasil menebus dengan sejumlah uang maka data yang diambil oleh hacker, bisa dikembalikan. Dugaan tersebut ternyata salah.

Petya disebut-sebut merusak data dan sekarang ini dikhawatirkan akan ada gelombang yang lebih besar dari isu Petya. Sebuah filem layar lebar dari Hollywood pernah mengangkat tema ini, cuma judulnya lupa hik hik hik ….

Kini FedEx selaku induk TNT Express cenut2 dan berusaha keras mengembalikan keamanan piranti lunak yang mereka gunakan serta dunia IT mulai was2 apabila penebar maut mengancam perbankan, rumah sakit dan industri2 lainnya di berbagai belahan dunia.


Virus Petya pertama kali menyerang system operasi TNT Express di wilayah Ukraina tgl 27 Juni lalu, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh jaringan global TNT Express dan besar kemungkinan FedEx. Hmm… runyem juga.

Kiamat sih ngga, cuma bila sebuah perusahaan mulai menyandarkan diri dengan kecanggihan teknologi, jangan pernah melalaikan ancaman2 serupa di masa datang. Dampaknya akan sangat dahsyat. Bingitz.

Waspada dan waspada selalu.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar