Rabu, 05 Juli 2017

JT 050717 : Lagi, SM Line Beli 7 Kapal

Gila bener ! Itu komentar yang layak ditujukan kepada pelayaran muda usia dari Korea Selatan, SM Line. Dari bulan ke bulan, hobinya ngebeli kapal buat menggebrak pasar. Niat bingitz deh tapi mungkin supaya gak ngecewain skalian.

Persiapannya sih mantep. Pelayaran berusia 7 bulanan (didirikan sejak awal tahun 2017), orang boleh berkomentar, aje gile nih pelayaran. Bukan apa2 sih, blon resmi menggebrak pasar tetapi niatan ngebeli kapalnya aja udah bikin heboh.

Pasar yang siap digebrak udah jelas : Intra-Asia (IA) dan Trans Pasifik (TP). Pemain lama, untungnya udah bersiap dengan strategi beraliansi supaya gak goyah2 amit. Maka gebrakan apa yang bakal dimunculkan SM Line, pasti sangat ditunggu2.

Hingga akhir tahun 2017, SM Line berniat ngebeli gak kurang dari 7 (tujuh) unit – demikian tanggapan seorang pejabat senior di SM Line. India dan INDONESIA disebut-sebut sebagai pasar yang siap digarap abiiiz.

Secara total, kapal yang dibeli juga bukan kelas feeder yang 1.000 ato 2.000 TEUs tetapi kapal diatas 5.000 TEUs. Waduuuuh. Senior Vice President SM Line, Ki Hun Kwon bilang minimal 5 x 8.5000 TEUs dan 4 x 5.000 TEUs musti bisa didapat. Itu target minimal.

IHS Media meramalkan bahwa kapal 8.5000 TEUs bakal dipasang di Pacific Nothwest sedangkan kapal 5.000 TEUs dan dibawahnya, bakal dioperasikan di Asia Tenggara, termasuk INDONESIA. So, ati2 ya Gaes.

Langkah yang ditempuh manajemen SM Line tergolong sangat berani. Selain ingin membeli banyak kapal, sementara waktu kepenginnya menjadi independent carrier dan cukup bernyali juga nih he he he. Jika sudah gede, kemungkinan baru mo ikut aliansi strategis.

Gitu pemikiran sederhananya. Saat memulai biz, SM Line mo nyoba sendiri dulu sampe bisa ngerasain jadi independent carrier. Lagi pula, saat ini katanya mereka baru punya 2 (dua) terminal doank di Gwangyang dan Incheon. Perlu tambahan beberapa lagi.

Ciaileh, keren abiiiz misinya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar