Minggu, 02 Juli 2017

JT 020717 : Tim IT Maersk Siap Antisipasi Serangan Siber

Setelah sempat diterjang serangan siber Selasa lalu dan sempat melumpuhkan kegiatan Maersk Line di seantero jagat, tim IT perusahaan pelayaran nomor satu di dunia ini akhirnya mampu mengembalikan kepercayaan dunia bahwa semuanya bisa ditangani dengan semestinya oleh ahlinya.

Kabarnya nih, tim IT Maersk tengah diminta untuk mengantisipasi seandainya ada serangan susulan ato serangan siber serupa di masa mendatang. Waktu seminggu bagi Maersk Line dan APM Terminals sudah cukup membuat repot manajemen AP Moller-Maersk karena kegiatan booking dll, yang biasanya dilakukan secara terintegrasi terganggu total dan dilakukan secara manual.

Untung aja ada perangkan software lain seperti INTTRA, yang untuk sementara waktu bisa menjembatani kekosongan akibat ulah hacker yang gak bertanggung jawab tsb. Bagi Maersk Line, ini merupakan pelajaran sangat berharga dan diakui oleh para pengamat, sebenarnya banyak yang terdampak dengan adanya ransomware Petya namun kasus Maersk Line diakui yang terparah.

Sayangnya, seperti diungkap oleh Lars Jensen (bozz perusahaan yang bergerak di bidang pengamana sistem kemaritiman CyberKeel) gak semua pelayaran menyadari bahaya serupa di kemudian hari. Hanya sedikit saja yang benar2 peduli dengan keselamatan data internal perusahaan. Benarkah ?

Lantas, bagaimana pula dengan sejumlah pelayaran domestik di Indonesia, apakah mereka sudah memikirkan hal tsb bila menimpa mereka ? Bagaimana antisipasinya dlsb ? Semoga bisa menjadi catatan tersendiri.

Sumber : Splash 24/7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar